Peningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Perkalian Melalui Media Corong Berhitung Di Kelas II Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Blotongan Salatiga Tahun Pelajaran 2015/2016

Yuniawati, Erna (2016) Peningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Perkalian Melalui Media Corong Berhitung Di Kelas II Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Blotongan Salatiga Tahun Pelajaran 2015/2016. Other thesis, FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN.

[img] Text
skrpsi baru.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dan semangat belajar siswa kelas II Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Blotongan Salatiga terhadap pelajaran Matematika.Salah satu penyebabnya adalah rendahnya antusias siswa terhadap pelajaran matematika dan kurangnya variasi atau kreativitas guru dalam penggunaan media pembelajaran, seperti ceramah yang ternyata belum dapat membangkitkan minat siswa dalam pembelajaran.Yang pada akhirnya berpengaruh pada hasil belajar siswa terhadap materi yang disampaikan.Masalah yang dikaji adalah apakah penggunaan media corong berhitung dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran Matematika pada siswa kelas II semester II Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Blotongan Salatiga Tahun Ajaran 2015/2016. Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan Media Corong berhitung.Data dalam peneliti ini diambil dengan metode observasi atau melihat perilaku siswa atau nilai proses dalam pelaksanaan pembelajaran dan metode dokumentasi berupa nilai evaluasi siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan sebanyak dua siklus.Setiap siklus terdiri dari empat tahap yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.Pelaksanaan tindakan membuahkan hasil, berupa peningkatan hasil belajar matematika pengertian perkalian pada siswa kelas II semester II Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Blotongan Salatiga Tahun Ajaran 2015/2016 dengan jumlah 22 siswa,Terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada pelajaran Matematika.Pada siklus I nilai yang tuntas sesuai KKM sebanyak 9 siswa atau 40,90% dan nilai rata -rata yang diperoleh 65,90. Sedangkan pada siklus II nilai yang tuntas sebanyak 19 Siswa atau 86,36% dan nilai rata- rata yang diperoleh 84,1.Dengan melihat hasil kedua siklus diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa media corong berhitung dapat meningkatkan hasil belajar Matematika materi perkalian.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 15 Mar 2017 04:58
Last Modified: 15 Mar 2017 04:58
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/1234

Actions (login required)

View Item View Item