PENDAMPINGAN ORANG TUA DALAM PENDIDIKAN ANAK DI RUMAH PADA MASA PANDEMI COVID 19 DI DUSUN PATERAN KECAMATAN SURUH KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2021

Hastiwi, Erna Windi (2021) PENDAMPINGAN ORANG TUA DALAM PENDIDIKAN ANAK DI RUMAH PADA MASA PANDEMI COVID 19 DI DUSUN PATERAN KECAMATAN SURUH KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2021. Other thesis, IAIN SALATIGA.

Full text not available from this repository.

Abstract

Hastiwi, Erna Windi. 2021. Pendampingan Orang Tua dalam Pendidikan Anak di Rumah pada Masa Pandemi Covid 19 di Dusun Pateran Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang Tahun 2021. Skripsi. Salatiga: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dra. Hj. Nur Hasanah, M. Pd. Kata Kunci: Pendampingan orang tua; pendidikan anak di rumah; pandemi Covid- 19 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendampingan orang tua dalam pendidikan anak di rumah pada masa pandemi Covid-19 di Dusun Pateran Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang, serta kesulitan yang dihadapi orang tua dalam pendidikan anak di rumah pada masa pandemi Covid-19 di Dusun Pateran Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang Tahun 2021. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Subjek dalam penelitian ini yaitu orang tua dan anak di Dusun Pateran. Pengumpulan data diambil dengan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penulis berperan sebagai pewawancara langsung untuk menggali data melalui orang tua dan anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendampingan orang tua dalam pendidikan anak di rumah pada masa pandemi Covid-19 di Dusun Pateran yaitu mendampingi anak dalam memahami materi dan tugas yang diberikan guru, menggunakan metode bermain sambil belajar, memperlihatkan video pembelajaran di youtube, dan belajar secara langsung dengan mengaitkan materi pembelajaran dengan lingkungan sekitar. Orang tua berupaya meningkatkan minat belajar anak dalam pembelajaran daring dengan memberikan motivasi, memberikan hadiah kepada anak apabila anak mau belajar dan mengerjakan tugas, dan memberikan nasihat dan cerita sebab akibat jika tidak mau belajar. Hasil yang diperoleh setiap anak dalam pembelajaran daring juga berbeda, ada yang nilainya saat pemebelajaran daring hasilnya sama saja saat belajar secara langsung, dan juga ada yang mengalami kenaikan saat pembelajaran daring. Kesulitan yang dihadapi orang tua dalam pendidikan anak di rumah pada masa pandemi Covid 19 di Dusun Pateran Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang Tahun 2021 yaitu kurangnya pemahaman materi oleh orang tua sehingga menjelaskannya ke anak kurang maksimal, orang tua terkadang kesulitan menumbuhkan minat belajar anak karena anak lebih cepat bosan untuk belajar daring, kurang cukupnya waktu yang diberikan orang tua mendampingi anak belajar secara daring karena harus bekerja, jaringan internet yang terkadang susah, dan penggunaan kuota yang boros karena daring setiap hari.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 02 Dec 2021 17:08
Last Modified: 02 Dec 2021 17:08
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/12342

Actions (login required)

View Item View Item