MANAJEMEN PROGRAM "ARBAIN" PONDOK PESANTREN AL-MUHAMMAD DALAM MENINGKATKAN KESADARAN BERIBADAH (SHALAT) MASYARAKAT DESA KEPOH KECAMATAN JATI KABUPATEN BLORA

Rofiah, (2021) MANAJEMEN PROGRAM "ARBAIN" PONDOK PESANTREN AL-MUHAMMAD DALAM MENINGKATKAN KESADARAN BERIBADAH (SHALAT) MASYARAKAT DESA KEPOH KECAMATAN JATI KABUPATEN BLORA. Other thesis, IAIN SALATIGA.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rofi’ah. 2021. Manajemen Program “Arbain” Pondok Pesantren Al-Muhammad dalam Meningkatkan Kesadaran Beribadah (Shalat) Masyarakat Desa Kepoh Kecamatan Jati Kabupaten Blora. Skripsi, Program Studi Manajemen Dakwah Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Sutrisno, M.Pd.I. Kata kunci: Manajemen, Pondok Pesantren, Kesadaran Beribadah (Shalat) Manusia pada hakikatnya sudah diperintahkan agar mengabdikan diri kepada Allah Swt, sehingga tidak ada alasan bagi umat Islam mengabaikan kewajiban beribadah. Akan tetapi, pada desa Kepoh terdapat masyarakat yang kurang dalam kesadaran beribadah terutama shalat. Salah satu meningkatkan kesadaran beribadah yaitu dengan kegiatan bermasyarakat yang diadakan oleh pondok pesantren Al-Muhammad yaitu kegiatan “Arbain”. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kegiatan, manajemen dan faktor pendukung dan penghambat program “Arbain”. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan (field research) dan bersifat kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber data primer yakni hasil wawancara pengasuh atau pembuat program “Arbain” pondok pesantren Al-Muhammad, pengurus pondok pesantren Al-Muhammad, santri “Arbain”, dan masyarakat desa Kepoh yang digunakan pelaksanaan program “Arbain. Sumber data sekunder berupa foto-foto kegiatan terkait manajemen program “Arbain”. Pengumpulan data ini dilakukan dengan mengadakan wawancara, observasi dan dokumentasi secara langsung. Lokasi penelitian di Pondok Pesantren Al-Muhammad Kabupaten Blora dan di desa Kepoh Kecamatan Jati Kabupaten Blora. Dengan teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi. Validasi data menggunakan triangulasi, teknik teman sejawat dan perpanjangan waktu penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan program “Arbain” telah memberikan dampak positif terhadap masyarakat desa Kepoh. Program “Arbain” sudah menerapkan manajemen secara baik dalam meningkatkan kesadaran beribadah (shalat) masyarakat Kepoh dan telah dibuktikan dengan adanya perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, pengawasan, dan pengendalian. Faktor pendukung program “Arbain” pondok pesantren Al-Muhammad yaitu sebelum kegiatan berlangsung para santri program “Arbain” sudah dibekali ilmu dari pondok pesantren, sedangkan faktor penghambat program “Arbain” pada santri yaitu kurang rasa percaya diri saat berkecimpung dimasyarakat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Keislaman
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 02 Dec 2021 17:20
Last Modified: 02 Dec 2021 17:20
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/12344

Actions (login required)

View Item View Item