syaidah, ali ffatus (2021) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI SISTEM KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP KELAS VII MTS DARUL ULUM KOTA SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2021/2022. [UNSPECIFIED]
Text
SKRIPSI ALI FFATUS SYAIDAH.pdf Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Syaidah. Alif Fatus. 2021. Efektivitas Model Pembelajaran Problem Solving Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Kelas VII MTs Darul Ulum Kota Semarang Tahun Pelajaran 2021/ 2022. Skripsi, Salatiga: Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Eni Titikusumawati, S. Pd., M.Pd Kata Kunci: Model Pembelajaran Problem Solving, Kemampuan Pemahaman Konsep Penelitian ini bertujuan untuk mengetahu efektivitas model pembelajaran problem solving terhadap pemahaman konsep siswa pada materi sistem klasifikasi makhluk hidup kelas VII MTs Darul Ulum Kota Semarang tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan penelitian quasi eksperimental design dengan rancangan penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII MTs Darul Ulum Kota Semarang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes tertulis (pretest dan posttest), angket respon siswa dan lembar observasi. Data pemahaman konsep siswa dikumpulkan menggunakan uji statistik Uji Independent T-Test dengan taraf signifikasi 0, 05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai t_hitung (0,408) > t_tabel (0,349). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pemahaman konsep IPA yang signifikan antara siswa yang menggunakan model pembelajaran problem solving dibandingkan menggunakan model pembelajaran discovery learning. Hal ini ditunjukkan oleh nilai rata-rata 66, 2 sehingga rata-rata tersebut termasuk kedalam kategori tinggi dalam indikator pemahaman konsep siswa, sehingga hipotesis Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa ada efektvitas pada model pembelajaran problem solving pada materi sistem klasifikasi makhluk hidup siswa kelas VII C MTs Darul Ulum Kota Semarang tahun pelajaran 2021/2022.
Item Type: | UNSPECIFIED |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | ?? IPA ?? |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 06 Dec 2021 13:42 |
Last Modified: | 06 Dec 2021 07:00 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/12348 |
Actions (login required)
View Item |