Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Alquran Hadis Materi Tajwid Melalui Pemanfaatan Multimedia Lectora Inspire pada Siswa Kelas IV MI Miftahul Huda Sumberejo 01 Tahun Pelajaran 2015/2016

Mohammad, Safari (2016) Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Alquran Hadis Materi Tajwid Melalui Pemanfaatan Multimedia Lectora Inspire pada Siswa Kelas IV MI Miftahul Huda Sumberejo 01 Tahun Pelajaran 2015/2016. Other thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.

[img] Text
Skripsi Full PDF.pdf

Download (9MB)

Abstract

Materi pembelajaran tajwid dirasakan kurang menarik bagi siswa, hal tersebut terlihat dari kurangnya motivasi dan keingintahuan mereka untuk memahami masalah yang berkaitan dengan tajwid, sehingga mayoritas siswa mengalami kesulitan belajar tajwid terbukti dari analisis nilai ulangan harian (UH)pada bulan November 2015 menunjukkan hasil yang kurang optimal yaitu banyak siswa yang belum tuntas belajarnya, hal ini dapat dilihat dari nilai rata – rata yang diperoleh siswa kelas IV Al Jabar hanya66 dan nilai terendah = 45 , nilai tertingi = 80 serta yang tuntas sebanyak 5 siswa dari sejumlah 18 siswa ( dengan KKM = 70). Salah satu solusi guna mengatasi masalah pembelajaran tajwid adalah melalui pemanfaatan Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI) Lectora Inspire, mengingat pemanfaatan MPI dapat membantu meningktakan motivasi, semangat, mudah digunakan sehingga meningkatkan aktivitas belajar , proses pembelajaran lebih menarik dan bermakna yang pada akhirnya dapat meninkatkan hasil belajar siswa. Adapun tujuan penelitian ini adalah a) melaluipemanfaatan Multimedia Pembelajaran InteraktifLectora Inspire dapat meningkatkan aktivitas belajartajwid siswa kelas IV Al Jabar MI Miftahul Huda Sumbrejo 01 semester 1 tahun pelajaran 2015/2016, b) melaluipemanfaatan MPI Lectora Inspire dapat meningkatkan hasil belajar tajwid siswa kelas IV Al Jabar MI Miftahul Huda Sumbrejo 01 semester 1 tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas, berdasarkan hasil tes awalpenelitian tindakan ini didesain menjadi dua siklus dengan tiap –tiap siklus masing – masing 2 jam pelajaran (2 x 35 menit) yang meliputi kegiatan : perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Berdasarkan tindakan yang dilakukan selama 2 siklus dapat disimpulkan bahwa : a) Pemanfaatan Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI) Lectora Inspire dapat meningkatkan aktivitas belajar tajwid siswa kelas IV Al Jabar MI Miftahul Huda Sumbrejo 01 semester 1 tahun pelajaran 2015/2016 dari kondisi awal aktivitas belajar rendah ke kondisi akhir aktivitas belajar sangat tinggi, b) Pemanfaatan Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI) Lectora Inspiredapat meningkatkan hasil belajarsiswa kelas IV Al Jabar MI Miftahul Huda Sumbrejo 01 semester 1 tahun pelajaran 2015/2016 dari kondisi awal rata – rata hasil belajar 66 menjadi rata-rata hasil belajar 90 pada kondisi akhir.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 15 Mar 2017 05:05
Last Modified: 15 Mar 2017 05:05
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/1235

Actions (login required)

View Item View Item