PENGEMBANGAN APLIKASI 3D MATH AR SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DI KELAS VIII SMPIT NIDAUL HIKMAH TAHUN AJARAN 2020/2021

PUTRIE, SARAH NADYA (2021) PENGEMBANGAN APLIKASI 3D MATH AR SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DI KELAS VIII SMPIT NIDAUL HIKMAH TAHUN AJARAN 2020/2021. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

Full text not available from this repository.

Abstract

Putrie, Sarah N. 2021. Pengembangan Aplikasi 3D MATH AR Sebagai Media Pembelajaran Matematika Berbasis Augmented Reality pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Di Kelas VIII SMPIT Nidaul Hikmah Salatiga 2020/2021. Skripsi, Salatiga: Program Studi Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing : Prof. Dr. Winarno, S.Si.,M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan dan mengetahui kelayakan Aplikasi 3D MATH AR sebagai media pembelajaran matematika berbasis Augmented Reality pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII Di SMPIT Nidaul Hikmah. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahap, yaitu Analysis (A), Design (D), Development (D), Implementation (I), dan Evaluation (E). Tahap penelitian ini terbatas pada tahap implementasi dengan uji terbatas, belum sampai pada tahap uji dengan skala yang luas. Uji coba dilakukan kepada 10 siswa Kelas VIII Di SMPIT Nidaul Hikmah dikarenakan pandemi Covid-19. Teknik pengambilan data yang digunakan oleh peneliti yaitu melalui penyebaran angket yang disebarkan kepada 1 guru Mata Pelajaran Matematika dan 10 siswa Kelas VIII Di SMPIT Nidaul Hikmah. Berdasarkan hasil uji terbatas yang dilakukan dengan menggunakan skala pengukuran likert, diperoleh data hasil validasi ahli media dengan rata-rata 4,5 berada pada kategori sangat baik, sedangkan ahli materi dengan rata-rata 4 berada pada kategori baik, sehingga secara akumulatif hasil penilaian oleh ahli media dan ahli materi rata-rata sebesar 4,25 dapat dikatakan valid. Praktis karena media pembelajaran dinilai siswa dengan rata-rata 4,45 dan guru dengan rata-rata sebesar 4,2 secara akumulatif hasil penilaian siswa dan guru mendapatkan hasil rata-rata sebesar 4,325 dengan kategori Sangat Baik. Setelah dinyatakan valid dan praktis maka dapat diambil kesimpulan bahwa apikasi 3D Math AR layak untuk digunakan. Kata Kunci : Pengembangan, Augmented Reality, 3D Math AR.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? MAT ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 06 Dec 2021 20:55
Last Modified: 06 Dec 2021 20:55
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/12351

Actions (login required)

View Item View Item