PENGGUNAAN APLILASI WHATSAPP SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SAAT DARING PADA SISWA KELAS I SD NEGERI BANYUBIRU 04 TAHUN 2020/2021

AGUSTINA, RIZKA NUR (2021) PENGGUNAAN APLILASI WHATSAPP SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SAAT DARING PADA SISWA KELAS I SD NEGERI BANYUBIRU 04 TAHUN 2020/2021. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
SKRIPSI RIZKA NUR AGUSTINA_23040170034 (PGMI).pdf

Download (3MB)

Abstract

Agustina, Rizka Nur. 2021. Penggunaan Aplikasi WhatsApp sebagai Media Pembelajaran saat Daring pada Siswa Kelas I SD Negeri Banyubiru 04 Tahun 2020/2021. Skripsi, Salatiga: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: M. Agung Hidayatulloh, S.S., M.Pd.I Kata Kunci: Aplikasi WhatsApp, Media Pembelajaran dan Daring Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan aplikasi WhatsApp sebagai media pembelajaran saat daring serta mengetahui hasil belajar yang didapat siswa kelas I SD Negeri Banyubiru 04 Tahun 2020/2021. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Dengan dilakukannya wawancara dan dokumentasi, peneliti akan memperoleh informasi mengenai penggunaan aplikasi WhatsApp sebagai media pembelajaran saat daring yang kemudian dijabarkan sebagai hasil dari penelitian. Subyek penelitiannya adalah kepala sekolah, guru kelas I, orang tua siswa dan siswa itu sendiri. Untuk dokumentasi berupa profil sekolah, data siswa, foto nilai harian siswa, foto hasil belajar siswa saat penilaian tengah semester dan foto saat pembelajaran daring melalui aplikasi WhatsApp. Hasil dari penelitian ini adalah 1) Pemilihan aplikasi WhatsApp sebagai media pembelajaran saat daring pada siswa kelas I SD Negeri Banyubiru 04 cukup tepat dari berbagai hal dasar yang menjadi pertimbangan meskipun masih didapati sedikit kendala. 2) Hasil belajar yang diperoleh siswa kelas I SD Negeri Banyubiru 04 menunjukkan hasil yang berbeda antara tugas harian dan penilaian tengah semester yang telah berlangsung. Nilai harian yang diperoleh siswa hasilnya bagus, di atas nilai KKM. Namun untuk nilai tengah semester hasilnya banyak yang belum mencapai KKM. Kemudian ada 3 siswa dari 24 siswa yang belum bisa membaca dan menulis sampai sekarang ini. Hal ini disebabkan karena guru tidak tahu apakah materi yang disampaikan benar-benar dipahami oleh siswa atau tidak. Mengingat siswa belajar di rumah didampingi oleh orang tua, sehingga tidak menutup kemungkinan jika tugas siswa dibantu atau bahkan dikerjakan penuh oleh orang tua atau wali murid.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 07 Dec 2021 20:38
Last Modified: 07 Dec 2021 20:38
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/12359

Actions (login required)

View Item View Item