ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL HOTS ALJABAR SISWA KELAS VII SMP ISLAM PLUS AT TOHARI TUNTANG KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2020/2021

Umayya, Arifani (2021) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL HOTS ALJABAR SISWA KELAS VII SMP ISLAM PLUS AT TOHARI TUNTANG KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2020/2021. Other thesis, IAIN SALATIGA.

Full text not available from this repository.

Abstract

Umayya, Arifani. 2021. Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal HOTS Aljabar Siswa Kelas VII SMP Islam Plus At Tohari Tuntang Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2020/2021. Skripsi, Salatiga: Jurusan Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga.Pembimbing: Wulan Izzatul Himmah, M.Pd. Kata kunci: Analisis Kesalahan; Soal HOTS Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengidentifikasi jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal HOTS Aljabar kelas VII SMP Islam Plus At Tohari Tuntang Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2020-2021. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu enam siswa kelas VII SMP Islam Plus At Tohari Tuntang Kabupaten Semarang. Teknik pengumpulan datanya adalah dokumentasi, tes tertulis dan wawancara yang dilaksanakan di SMP Islam Plus At Tohari Tuntang Kabupaten Semarang tentang kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal HOTS pada materi aljabar kelas VII. Dengan teknik analisis datanya yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Sedangkan pengecekan keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian analisis kesalahan siswa menyelesaikan soal HOTS aljabar kelas VII di SMP Islam Plus At Tohari Tuntang Kabupaten Semarang tahun ajaran 2020/2021 didapatkan: 1) Pada aspek menganalisis, kesalahan konseptual yang dilakukan siswa yaitu ketidaksesuaian bentuk aljabar dengan soal yang diberikan. Sedangkan kesalahan teknik yang dilakukan siswa yaitu kesalahan memahami soal. Adapun faktor penyebab kesalahan siswa adalah belum terbiasa menyelesaikan soal sesuai dengan konteks nyata dan kurang memahami materi aljabar. 2) Aspek mengevaluasi, kesalahan konseptual yang dilakukan siswa yaitu tidak menuliskan rumus dalam bentuk aljabar. Sedangkan kesalahan teknik yang dilakukan siswa yaitu langkah dalam menyelesaikan soal. Adapun faktor penyebab kesalahan siswa adalah kemampuan siswa dalam mengubah soal cerita ke dalam bentuk aljabar masih rendah, rendahnya kemampuan menafsir masalah matematika dan kemampuan siswa dalam memahami soal cerita yang relatif rendah. 3) Pada aspek mencipta, kesalahan prosedural yang dilakukan siswa yaitu tidak menyusun cerita yang sesuai dengan soal. Sedangkan kesalahan teknik yang dilakukan siswa yaitu tidak memahami maksud dari soal yang diberikan. Adapun faktor penyebab kesalahan siswa adalah kurang teliti dalam mentransformasikan bentuk aljabar ke dalam cerita sehari - hari dan kemampuan siswa yang relative rendah dalam memahami soal.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 13 Dec 2021 05:54
Last Modified: 13 Dec 2021 05:54
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/12477

Actions (login required)

View Item View Item