EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE MENGGUNAKAN METODE BRAINSTROMING PADA MATERI SISTEM EKSKRESI TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VIII MTs AL- MANAR TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Fuadah, Muatatul (2021) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE MENGGUNAKAN METODE BRAINSTROMING PADA MATERI SISTEM EKSKRESI TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VIII MTs AL- MANAR TAHUN PELAJARAN 2021/2022. [UNSPECIFIED]

[img] Text
T IPA Muatatul Fuadah 23060170002.pdf

Download (5MB)

Abstract

Fuadah, Muatatul. 2021. Efektivitas Model Pembelajaran Learning Cycle menggunakan Metode Brainstroming pada Materi Sistem Ekskresi Terhadap Hasil Belajar IPA siswa kelas VIII MTs Al-Manar Tengaran Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi: Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Erna Risfaula Kusumawati. M.Si. Kata Kunci: Learning Cycle; Brainstroming ; Hasil Belajar, Tanggapan Siswa Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Learning Cycle menggunakan metode Brainstroming pada materi sistem ekskresi terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VIII MTs Al-Manar Tengaran, (2) untuk mengetahui tanggapan siswa pada model pembelajaran Learning Cycle menggunakan metode Brainstroming pada materi sistem ekskresi terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VIII MTs Al-Manar Tengaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan eksperimen semu (Quasi Experiment). Metode desain dari penelitian ini adalah Control Group Pretest- Posttest Design. Populasi penelitian ini kelas VIII di MTs Al-Manar Tengaran, pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan tes dan nontes. Instrumen untuk data nontes berupa angket tanggapan siswa. instrumen untuk data tes berupa soal pilihan ganda dan metode pengumpulan data dilakukan dengan pretest-posttet soal, yang telah diuji keabsahannya melalui uji validitas, uji reliabilitas, uji tingkat kesukaran dan daya pembeda soal. Pada teknik analisis data yang digunakan yaitu uji (Idependent, Sample T-Tes) menggunakan program SPSS 22. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai rata-rata kelas kontrol mendapat nilai awal (pretest) 49 dan nilai akhir (posttest) 55, 25. Nilai rata-rata kelas eksperimen mendapat nilai awal (pretest) 45, 25 dan nilai akhir (posttest) 63, 25. Berdasarkan analisis data uji hipotesis yaitu uji-t (Idependent, Sample T-Test) diperoleh nilai thitung 2, 762 > ttabel 1, 685 dengan nilai signifikasi 0,009 < 0,05, berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima, artinya model pembelajaran learning cycle menggunakan metode brainstroming efektif terhadap hasil belajar, dan dikuatkan dengan hasil uji N-Gain Score diperoleh persentase 58,50% artinya nilai ini termasuk dalam kategori “Cukup Efektif”. Siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan model pembelajaran Learning Cycle menggunakan metode Brainstroming lebih meningkat aspek tanggung jawab, motivasi belajar, kepercayaan diri, kebebasan belajar, dan keterampilan belajar. Hal ini bisa dilihat dari hasil angket sebanyak 11 siswa dari 20 siswa yang memilih kategori baik.

Item Type: UNSPECIFIED
Divisions: ?? IPA ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 14 Dec 2021 14:43
Last Modified: 14 Dec 2021 11:24
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/12492

Actions (login required)

View Item View Item