Azizah, Rahma Nur (2021) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DAN SIKAP UKHUWAH INSANIYAH PADA JAMAAH MUHAMMADIYAH RANTING DESA PELEMAN KABUPATEN SRAGEN TAHUN 2021. [UNSPECIFIED]
Text
SKRIPSI RAHMA NUR AZIZAH 23010170217-1.pdf Download (3MB) |
Abstract
Azizah, Rahma Nur. 2021. Implementasi Pendidikan Multikultural dan Sikap Ukhuwah Insaniyah pada Jamaah Muhammadiyah Cabang Peleman Kabupaten Sragen Tahun 2021. Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Program Studi Pendidikan Agama Islam. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing : Dr. Rasimin, M.Pd. Kata Kunci : Pendidikan Multikultural dan Sikap Ukhuwah Insaniyah Tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui implementasi pendidikan multikultural dan sikap ukhuwah insaniyah pada jamaah Muhammadiyah cabang Peleman (2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pendidikan multikultural dan sikap ukhuwah insaniyah pada jamaah Muhammadiyah cabang Peleman (3) Untuk mengetahui relevansi pendidikan Islam dengan pendidikan multikultural dan sikap ukhuwah insaniyah pada jamaah Muhammadiyah cabang Peleman. Penelitian ini menggunakan penelitian kuliatatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan melalui pengumpulan data dengan metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Sumber data utama dari penelitian ini yaitu ustadz, dan jamaah Muhammadiyah cabang Peleman Kabupaten Sragen. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi pendidikan multikultural dan sikap ukhuwah insaniyah pada jamaah Muhammadiyah cabang Peleman Kabupaten Sragen berjalan dengan baik dengan penjelasan sebagai berikut :1 Implementasi pendidikan multikultural sikap ukhuwah insaniyah : a. Pendidikan multikultural. (1) Hidup rukun, (2) Kesetaraan sosial, (3) Mengembangkan sikap saling menerima dan menghargai keberagaman, b. Sikap ukhwah insaniyah. (1) Tidak membeda- bedakan orang lain, (2) Menjalin silahturahmi, (3) melaksanakan pengajian bersama. 2. Faktor pendukung implementasi pendidikan multikultural dan sikap ukhuwah insaniyah antara lain : a. Lingkungan, b. arahan ustadz, c. kegiataan keagamaan, d. Kemauan diri sendiri, e. Sarana dan prasarana. Faktor penghambat : lingkungan yang tidak mendukung, rasa malas yang muncul dari diri sendiri, cuaca. 3. Relevansi pendidikan Islam dengan pedidikan multikultural dan sikap ukhuwah insaniyah anatara lain : a. Kebebasan demokrasi, b. menerapkan sikap toleransi, c. Sikap saling tolong menolong.
Item Type: | UNSPECIFIED |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 14 Dec 2021 18:43 |
Last Modified: | 14 Dec 2021 11:45 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/12494 |
Actions (login required)
View Item |