IMPLEMENTASI KONSEP MODERASI BERAGAMA DAN SIKAP HUMANISME PADA SISWA DI SMA ISLAM SUDIRMAN AMBARAWA KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2021

SARI, AYU PUSPITA (2021) IMPLEMENTASI KONSEP MODERASI BERAGAMA DAN SIKAP HUMANISME PADA SISWA DI SMA ISLAM SUDIRMAN AMBARAWA KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2021. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
Ayu Puspita Sari 23010170191.pdf

Download (2MB)

Abstract

Sari, Ayu Puspita. 2021. Implementasi Konsep Moderasi Beragama dan Sikap Humanisme di SMA Islam Sudirman Ambarawa. Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Prof. Dr. H. Mansur, M.Ag. Kata Kunci: Moderasi Beragama, Sikap Humanisme Penelitian ini dilatarbelakangi dari sekolah yang seluruh siswa serta gurunya beragama Islam yang tentunya tingkat religiusnya lebih tinggi, namun dapat menerapkan konsep moderasi beragama dan sikap humanisme dengan baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi moderasi beragama dan sikap humanisme di SMA Islam Sudirman Ambarawa serta apa saja faktor pendukung dan penghambatan keberhasilan implementasi moderasi beragama dan sikap humanisme di SMA Islam Sudirman Ambarawa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Perolehan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Selanjutnya data dianalisis dengan metode triangulasi. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa (1) implementasi moderasi beragam di SMA Islam Sudirman Ambarawadengan carapenguatan moderasi beragama (melalui pembelajaran akidah akhlak, ibadah dan kisah muslim), penggunaan modernitas dalam kaitannya dengan mempelajari agama serta dengan pembiasaan untuk meminimalisir tekstual dalam memahami agama. (2) implementasi sikap humanisme di SMA Islam Sudirman Ambarawa dilaksanakan dengan menerapkan nilai-nilai humanisme seperti pluralisme dengan menghargai perbedaan, kebebasan dengan pertanggungjawaban, persamaan dalam kemandirian serta persaudaraan dengan berbuat baik kepada orang lain. (3)faktorpenghambat adalah latar belakang keluarga yang memiliki kesadaran religius yang masih kurang mempengaruhi karakter dari setiap siswa serta perkembangan teknologi yang minim pengawasan.Sedangkan faktor yang mendukung meliputi sekolah berdiri dibawah lembaga Islam dan semua warga sekolah beragama Islam, guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam memiliki pemahaman yang sangat baik mengenai moderasi beragama dan sikap humanisme serta sekolah ini memiliki sarana dan prasarana yang sangat memadai dan lengkap.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 14 Dec 2021 19:36
Last Modified: 14 Dec 2021 19:36
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/12495

Actions (login required)

View Item View Item