PEMBINAAN SIKAP MODERASI BERAGAMA PADA SANTRI PONDOK PESANTREN EDI MANCORO TUNTANG SEMARANG TAHUN 2021

WAFIROH, NI'MATUL (2021) PEMBINAAN SIKAP MODERASI BERAGAMA PADA SANTRI PONDOK PESANTREN EDI MANCORO TUNTANG SEMARANG TAHUN 2021. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
NI'MATUL WAFIROH 23010170032 S1.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Wafiroh, Ni'matul. 2021. “Pembinaan Sikap Moderasi Beragama pada Santri Pondok Pesantren Edi Mancoro Tuntang Semarang Tahun 2021”. Skripsi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Salatiga. Pembimbing: Hammam, M.Pd., Ph.D. Kata Kunci: Pembinaan, Sikap, Moderasi Beragama Penelitian ini membahas tentang Pembinaan Sikap Moderasi Beragama pada Santri Pondok Pesantren Edi Mancoro Tuntang Semarang Tahun 2021. Tujuan yang hendak dicapai oleh penulis dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Bagaimana peran pengasuh dalam pembinaan sikap moderasi beragama santri pondok pesantren Edi Mancoro? (2) Bagaimana implementasi moderasi beragama para santri pondok pesantren Edi Mancoro? (3) Apa faktor pendukung dan penghambat dalam pembinaan moderasi beragama santri pondok pesantren Edi Mancoro? Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (filed research) dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini mengambil latar di Pondok Pesantren Edi Mancoro Gedengan, Tuntang, Semarang. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan tiga aktivitas yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pertama, Pengasuh memiliki peran yang sentral dan penting yaitu membimbing, memimpin, mendidik serta bertanggung jawab sebagai orang tua dalam mendidik dan merawat. Sebagaimana seorang yang ditiru maka segala sesuatunya harus lebih baik, harus memberikan teladan yang baik serta berupaya untuk melakukan pembiasaan mulai dari diskusi, seminar, dialog. Selain itu juga melalui pengajaran yang biasa dilakukan dengan memberikan penjelasan, pengarahan dan penyampaian informasi maupun pengetahuan. Kedua, Penerapan sikap moderasi beragama di Pondok Pesantren Edi Mancoro sudah dilaksanakan melalui program kegiatan yang ada yaitu seperti kajian kitab kuning, diskusi lintas iman, seminar multikultural, dialong antar agama, dan juga peringatan hari besar. Penerapan maupun pelaksanaannya adalah selalu berpegang pada prinsip-prinsip dasar Ahlussunnah Wal jama‟ah yaitu tawasuth (moderat), tasamuh (toleransi), tawazun (seimbang) dan i‟tidal (adil). Ketiga, Faktor pendukung; karena mayoritas santri adalah seorang mahasiswa sehingga mereka jauh lebih bisa berfikir secara terbuka, kemudian adanya dukungan dari pengasuh, lalu kegiatan dan kurikulum. Faktor penghambat; karena saat ini yang masih dalam masa pandemi yang mana menjadikan kesempatan para santri untuk bertemu lebih banyak dengan kelompok lain maupun orang yang berbeda keyakinan dengan kita dibatasi.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 16 Dec 2021 17:34
Last Modified: 16 Dec 2021 17:34
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/12519

Actions (login required)

View Item View Item