PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN POP UP BOOK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI ORGAN PERNAPASAN MANUSIA KELAS V SD MUHAMMADIYAH PLUS SALATIGA

HASNA, (2021) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN POP UP BOOK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI ORGAN PERNAPASAN MANUSIA KELAS V SD MUHAMMADIYAH PLUS SALATIGA. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
REVISI MUNAQOSAH PGMI HASNA 23040170171.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan mengetahui pengaruh media pembelajaran Pop up book terhadap hasil belajar siswa materi organ pernapasan manusia kelas V SD Muhammadiyah Plus Salatiga pada siswa kelas V SD Muhammadiyah Plus Salatiga. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode quasi experiment. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SD Muhammadiyah Plus Salatiga, pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini dengan teknik purposive sampling . Teknik pengumpulan data dengan tes soal pilihan ganda pretest-posttest, yang telah di uji keabsahannya melalui uji validitas, reliabilitas, taraf kesukaran dan daya pembeda soal. menggunakan program SPSS 26.0. Hasil belajar penggunaan media pembelajaran pop up book materi organ pernapasan manusia kelas V SD Muhammadiyah Plus Salatiga memiliki nilai rata-rata pretest kelas kontrol 71,94 dan posttest nilai kelas kontrol 80,97, nilai tertinggi 93 dan nilai terendah 66. Nilai rata- rata pretest kelas eksperimen 72,31 dan rata- rata posttest 85,69.Nilai terendah 66 dan nilai tertinggi 100. Nilai signifikansi antara kelas kontrol dan eksperimen sebesar 0,471˂ 0,05 dapat dikategorikan berbeda secara signifikan. Pengaruh penggunaan media pembelajaran pop up book terhadap hasil belajar siswa materi organ pernapasan manusia kelas V SD Muhammadiyah Plus Salatiga yaitu menunjukkan bahwa media pembelajaran pop up book pada materi organ pernapasan manusia lebih efektif. Perbandingan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol juga terdapat perbedaan yang signifikan. maka dapat diputuskan bahwa Ho ditolak sehingga Ha dapat diterima. Keputusan tersebut membuktikan bahwa penggunaan media pembelajaran pop up boook lebih efektif terhadap hasil belajar IPA materi organ pernapasan manusia.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 20 Dec 2021 19:20
Last Modified: 24 Dec 2021 14:35
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/12531

Actions (login required)

View Item View Item