PENGGUNAAN MEDIA BENDA KONKRET POHON PERKALIAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI PERKALIAN KELAS III ARINI HIDAYA SD MUHAMMADIYAH PLUS SALATIGA KECAMATAN SIDOMUKTI KOTA SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Bintoro, Fatma Husnaini (2021) PENGGUNAAN MEDIA BENDA KONKRET POHON PERKALIAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI PERKALIAN KELAS III ARINI HIDAYA SD MUHAMMADIYAH PLUS SALATIGA KECAMATAN SIDOMUKTI KOTA SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2021/2022. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
SKRIPSI FATMA HUSNAINI BINTORO 23040170158.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Husnaini Bintoro, Fatma. 2021. Penggunaan Media Benda Konkret Pohon Perkalian untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Materi Perkalian Kelas III Arini Hidaya SD Muhammadiyah (Plus) Salatiga Kec. Sidomukti Kota Salatiga 2021/2022. Skripsi, Salatiga: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Khulatul Lutfiah, M.Pd.I Kata Kunci: Media Benda Konkret, Hasil Belajar dan Matematika. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi perkalian dengan menggunakan media benda konkret pohon perkalian pada siswa kelas III Arini Hidaya SD Muhammadiyah (Plus) Salatiga Kecamatan Sidomukti Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II yang masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi dengan menggunakan media benda konkret. Subjek penelitian ini sebanyak 31 siswa. Pada penelitian ini menggunakan analisis komparatif, dimana analisis yang digunakan untuk membandingkan hasil belajar siswa dimulai dari pra siklus, siklus I dan siklus II dengan memperhatikan indikator yang telah di terapkan sebelumnya. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa pembelajaran matematika dengan menggunakan media benda konkret dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi perkalian atau penjumlahan berulang pada siswa kelas III Arini Hidaya SD Muhammadiyah (Plus) Salatiga Kec. Sidomukti Kota Salatiga. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siwa bahwa pada pra siklus atau sebelum dilakukan tindakan, siswa yang mencapai ketuntasan hanya 16 siswa (51,66%) dari 31 siswa. Pada siklus I setelah menerapkan media benda konkret dalam pembelajaran siswa yang tuntas KKM sebanyak 21 siswa (67,74%) dari 31 siswa. Sedangkan pada siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang signifikan, yaitu siswa yang tuntas KKM sebanyak 29 siswa (9%) dari 31 siswa.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 20 Dec 2021 21:32
Last Modified: 20 Dec 2021 21:32
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/12533

Actions (login required)

View Item View Item