PENERAPAN PENDEKATAN OPEN-ENDED UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI KOORDINAT KARTESIUS PADA SISWA KELAS VIII MTS TARBIYATUL AULAAD TEGALKAMULYAN KECAMATAN CILACAP SELATAN KABUPATEN CILACAP TAHUN PELAJARAN 2021/2022

ALWI, NADYA HASANA MA'RUFI (2021) PENERAPAN PENDEKATAN OPEN-ENDED UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI KOORDINAT KARTESIUS PADA SISWA KELAS VIII MTS TARBIYATUL AULAAD TEGALKAMULYAN KECAMATAN CILACAP SELATAN KABUPATEN CILACAP TAHUN PELAJARAN 2021/2022. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
SKRIPSI NADYA HASANA MA'RUFI ALWI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Koordinat Kartesius menggunakan pendekatan Open-Ended pada siswa kelas VIII MTS Tarbiyatul Aulaad Tegalkamulyan Kecamatan Cilacap Selatan Kabupaten Cilacap Tahun Pelajaran 2021/2022. Subjek yang diteliti terdiri dari 24 siswa. Jenis Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang telah terlaksana tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, tes dan dokumentasi. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan membandingkan pencapaian nilai siswa dengan nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang telah ditentukan sekolah yaitu 65 dan kriteria ketuntasan klasikal pada setiap siklusnya sebesar ≥85%. Hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilaksanakan pada siklus I, menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa yaitu 55,16 terdapat 9 siswa yang tuntas atau 37,50 % dan 15 siswa belum tuntas atau 62,50%. Pada siklus II menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa yaitu 71,64 terdapat 15 siswa yang tuntas atau 62,50% dan 9 siswa yang belum tuntas atau 37,50%. Pada siklus III nilai rata-rata siswa yaitu 94,45 terdapat 22 siswa yang tuntas atau 91,67% dan 2 siswa yang belum tuntas atau 8,33%. Berdasarkan hasil penelitian yang didapat dari keseluruhan siklus terdapat peningkatan hasil belajar siswa sebanyak 54,17%. Dan pada siklus III telah mencapai lebih dari ketuntasan kelas yaitu ≥85% maka indikator keberhasilan sudah tercapai. Karena indikator keberhasilan sudah tercapai, maka penelitian dihentikan. Hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilaksanakan menunjukkan bahwa penerapan pendekatan Open-Ended dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi koordinat kartesius pada siswa kelas VIII MTS Tarbiyatul Aulaad Tegalkamulyan Kec. Cilacap Selatan Kab. Cilacap Tahun Pelajaran 2021/2022. Kata Kunci: Pendekatan Open-Ended; Hasil Belajar; Koordinat Kartesius

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? MAT ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 21 Dec 2021 00:21
Last Modified: 21 Dec 2021 00:21
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/12534

Actions (login required)

View Item View Item