Pola Pendidikan Agama Islam Pada Anak Nelayan di Kampung Nelayan Kota Tegal

Rahmawati, Galuh (2021) Pola Pendidikan Agama Islam Pada Anak Nelayan di Kampung Nelayan Kota Tegal. [UNSPECIFIED]

[img] Text
Skripsi Galuh Rahmawati 111-14-013_compressed.pdf

Download (1MB)

Abstract

Galuh, Rahmawati, 2020/2021. POLA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA ANAK NELAYAN DI KAMPUNG NELAYAN KOTA TEGAL. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Pendidikan Agama Islam. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. H. Achmad Maimun, M.Ag Kata Kunci : POLA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA ANAK NELAYAN DI KAMPUNG NELAYAN KOTA TEGAL Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pola pendidikan agama islam pada anak nelayan di Kampung Nelayan Kota Tegal. Fokus Penelitian adalah: (1) Bagaimana keberagamaan keluarga nelayan (2)Bagaimana pola pendidikan agama Islam pada anak nelayan ? Penelitian ini dilaksanakan di Kampung Nelayan Kota Tegal pada tahun 2021. Penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan (field research) dalam pelaksnaannya menggunakan metode pendekatan kualitatif diskriptif yang umumnya menggunakan strategi multi metode yaitu wawancara, pengamatan, serta penelaahan dokumen. Karakteristik informan yang diteliti adalah anak nelayan dan keluarga nelayan di Kampung Nelayan Kota Tegal. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa (1)Keagamaan anak nelayan di kampong nelayan kota tegal sebagaimana bedasarkan penelitian bahwa pengetahuan keagamaan masih kurang. Pengalaman agama anak nelayan di kampung nelayan kota tegal sebagaimana mereka tidak melaksanakan shalat 5 waktu dengan alasan pekerjaan atau pergaulan dari teman, tidak mengaji setiap hari dengan alas an tidak bisa membaca Al Qur’an dan tidak mengetahui hukum tentang keagamaan. (2)Permasalahan pendidikan agama islam dalam keluarga nelayan di Kampung Nelayan Kota Tegal disebabkan oleh beberapa faktor yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor eksternal yaitu pertama, faktor perhatian disebabkan pekerjaan ayah yang harus berlayar di laut begitu juga seorang ibu yang bekerja untuk membantu perekonomian keluarga sehingga waktu untuk keluarga berkurang. kedua, faktor teladan dari orangtua. Faktor internal yaitu faktor minat belajar anak dalam mempelajari Ilmu agama yang kurang. Orang tua kurang memperhatikan secara seksama dalam mendidik anaknya. Minat belajar anak dalam mempelajari ilmu agama merupakan faktor yang paling berpengaruh, karena keinginan belajar anak tidak sesuai dengan harapan yang diinginkan orang tua.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 21 Dec 2021 18:22
Last Modified: 21 Dec 2021 11:28
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/12536

Actions (login required)

View Item View Item