MODEL POLA ASUH ORANG TUA ANTARA ANAK AKADEMIK TINGGI DAN RENDAH PADA SISWA KELAS VI MIN 1 GROBOGAN KECAMATAN GUBUG KABUPATEN GROBOGAN TAHUN AJARAN 2020/2021

Anggraini, Bella Wahyu (2021) MODEL POLA ASUH ORANG TUA ANTARA ANAK AKADEMIK TINGGI DAN RENDAH PADA SISWA KELAS VI MIN 1 GROBOGAN KECAMATAN GUBUG KABUPATEN GROBOGAN TAHUN AJARAN 2020/2021. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
BELLA WAHYU ANGGRAINI 23040170029 fixx.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; 1) Model pola asuh orang tua anak berprestasi akademik tinggi dan rendah kelas VI MIN Grobogan Tahun ajaran 2020/2021; 2) Faktor yang mempengaruhi model pola asuh orang tua anak berprestasi akademik tinggi dan rendah kelas VI MIN Grobogan Tahun ajaran 2020/2021; 3) Solusi pola asuh bagi anak dengan berprestasi akademik rendah siswa kelas VI MIN Grobogan Tahun ajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Informan dalam penelitian ini berjumlah 6 orang tua dan 6 orang siswa sebagai informan kunci, serta eali kelas VI MIN Grobogan sebagai informan utama. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tahapan mereduksi data, mendisplaykan data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pengabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) Model pola asuh orang tua siswa berprestasi akademik tinggi memiliki kecenderungan pada pola asuh demokratis dan otoriter, sementara orang tua siswa berprestasi akademik rendah menggunakan pola asuh otoriter dan permisif; 2) Faktor yang mempengaruhi model pola asuh orang tua anak berprestasi akademik tinggi dan rendah kelas VI MIN Grobogan yaitu, a) jenis kelamin orang tua, b) usia anak , c) kepribadian orang tua, d) temperamen, e) keadaan sosial, f) kemampuan anak, g) pendidikan orang tua, h) persamaan pola asuh terdahulu; 3)Solusi pola asuh bagi anak dengan berprestasi akademik rendah yaitu; a) membangkitkan motivasi anak, b) memberikan penyuluhan terhadap orang tua tentang pentingnya mengenali pola asuh, c) menyetujui aturan keluarga bersama-sama, d) membiasakan hal-hal sederahana di rumah, e) jangan pernah lalai atas perbuatan anak, f) mengintrospeksi diri sendiri, g) mendukung bakat minat anak, dan h) komunikasi.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 23 Dec 2021 16:30
Last Modified: 23 Dec 2021 16:30
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/12542

Actions (login required)

View Item View Item