MENGOPTIMALKAN PRESTASI MAHASISWA MELALUI PENDEKATAN SELF MANAGEMENT (Action reseach mengatasi problem underskill pada mahasiswa yang berprestasi rendah)

Sriyanti, Lilik (2021) MENGOPTIMALKAN PRESTASI MAHASISWA MELALUI PENDEKATAN SELF MANAGEMENT (Action reseach mengatasi problem underskill pada mahasiswa yang berprestasi rendah).

Full text not available from this repository.

Abstract

Belajar merupakan aktivitas penting bagi mahasiswa. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa rendahnya prestasi belajar bukan semata-mata karena hambatan dari faktor inteligensi, namun bersumber dari banyak faktor. Keberhasilan belajar lebih banyak dipengaruhi oleh manajemen diri yang baik. Salah satu strategi dalam manajemen diri adalah meningkatkan keterampilan belajar. Keterampilan belajar merupakan salah satu aspek penting yang menunjang keberhasilan belajar sesorang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan model one group pretest postest desain, untuk menemukan perbedaan prestasi belajar sebelum dan setelah mengikuti pelatihan manajemen diri. Subjek penelitian ini adalah 100 mahasiswa yang berprestasi rendah dilihat dari indeks prestasi komulatif semester sebelumnya. Penelitian dilakukan dengan memberikan pelatihan manajemen diri khususnya berkaitan dengan keterampilan belajar. Desain penelitian dirancang dengan memperhatikan pembelajaran aktif yang memotivasi, menyadarkan, menumbuhkan insight sehingga memungkinkan mahasiswa berubah atas kesadaran sendiri. Guna menunjang tujuan tersebut, peneliti menyiapkan, merancang materi, metode, narasumber, waktu dan tempat pelatihan dengan seksama. Dampak dari pelatihan diukur dari indeks prestasi komulatif (IPK) semester ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan IPK setelah mahasiswa mengikuti pelatihan. Berdasarkan hal tersebut disimpulkan bahwa pelatihan berbasis pendekatan self-management efektif untuk meningkatkan prestasi belajar mahasiswa, dengan hasil uji t sebesar 11.597 t dan p 0,00. Keywords: prestasi belajar, self-management

Item Type: Article
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 24 Dec 2021 21:53
Last Modified: 24 Dec 2021 21:53
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/12559

Actions (login required)

View Item View Item