IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING BERBASIS OPEN ENDED UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA KELAS VII SMP N 4 TEMANGGUNG PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP

RAHMAWATI, FARAH (2021) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING BERBASIS OPEN ENDED UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA KELAS VII SMP N 4 TEMANGGUNG PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
FARAH RAHMAWATI (23060170013).pdf

Download (6MB)
[img] Text
FARAH RAHMAWATI (23060170013).pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berfikir kritis siswa pada materi klasifikasi makhluk hidup melalui model pembelajaran Open Ended. Penelitian dilakukan di SMP N 4 Temanggung dengan objek kelas VIIF tahun pelajaran 2021. Salah satu penyebab rendahnya kemampuan berfikir kritis siswa pada pembelajaran daring materi klasifikasi makhluk hidup yaitu kurangnya semangat dalam belajar dan ketertarikan siswa terhadap penggunaan model-model pembelajaran yang monoton. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan dalam dua siklus menggunakan empat tahapan antara lain: tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan refleksi. Instrument penelitian yang digunakan adalah lembar observasi guru, lembar observasi siswa, tes kemampuan berfikir kritis siswa, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Open Ended dapat meningkatkan kemampuan berfikir krtitis siswa kelas VII SMP N 4 Temanggung materi klasifikasi makhluk hidup. Peningkatan kemampuan berfikir kritis siswa dapat dilihat dari peningkatan nilai rata-rata pada siklus I sebesar 75,517 meningkat menjadi 82,413 pada siklus II. Hal ini terbukti bahwa peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 6,89%. Selain itu penggunaan model Open Ended juga dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Terlihat dari presentase aktivitas siswa pada siklus I sebesar 42,5% meningkat pada siklus II sebesar 55,5%. Adapun pencapaian kemampuan berfikir kritis siswa secara keseluruhan pada siklus I sebesar 68,961% dengan kategori cukup kritis meningkat menjadi 78,291% pada siklus II dengan kategori kritis.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? IPA ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 25 Dec 2021 23:55
Last Modified: 25 Dec 2021 23:55
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/12561

Actions (login required)

View Item View Item