PENGARUH SISTEM PEMBELAJARAN JARAK JAUH TERHADAP KEMAMPUAN DAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS IV MI TARBIYATUL AULAD JOMBOR KECAMATAN TUNTANG KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2021/2022

MAKSUMAH, MITA DWI (2021) PENGARUH SISTEM PEMBELAJARAN JARAK JAUH TERHADAP KEMAMPUAN DAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS IV MI TARBIYATUL AULAD JOMBOR KECAMATAN TUNTANG KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2021/2022. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
SKRIPSI MITA DWI MAKSUMAH 23040170152.pdf

Download (5MB)

Abstract

Maksumah, Mita Dwi. 2021. Pengaruh Sistem Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Kemampuan dan Minat Belajar Siswa Kelas IV MI Tarbiyatul Aulad Jombor, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi, Salatiga: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan: Pembimbing: Jaka Siswanta, M.Pd. Kata Kunci: Sistem Pembelajaran Jarak Jauh, Kemampuan Belajar, dan Minat Belajar Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui tingkat pelaksanaan pembelajaran jarak jauh siswa kelas IV (2) mengetahui tingkat kemampuan belajar siswa kelas IV (3) mengetahui tingkat minat belajar siswa kelas IV (4) mengetahui ada atau tidaknya pengaruh yang signifikan antara pembelajaran jarak jauh dengan kemampuan belajar kelas IV (5) mengetahui ada atau tidaknya pengaruh yang signifikan pembelajaran jarak jauh terhadap minat belajar kelas IV MI Tarbiyatul Aulad Jombor, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif. Responden penelitian ini sebanyak 36 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Sampling Total. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner atau angket, studi kepustakaan dan dokumentasi dengan pendekatan kuantitatif. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis korelasi dan analisis regresi linear sederhana dengan menggunakan perhitungan SPSS for windows versi 21. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) pembelajaran jarak jauh pada siswa kelas IV pada umumnya dalam kondisi sangat tinggi sebanyak 1 siswa (2,8%) dan kondisi tinggi sebanyak 35 siswa (97,2%) 2) kemampuan belajar pada siswa kelas IV pada umumnya dalam kondisi tinggi sebanyak 11 siswa (30,5%), kondisi sedang sebanyak 20 siswa (55,6%), dan kondisi kurang sebanyak 5 siswa (13,9%) 3) minat belajar pada siswa kelas IV pada umumnya dalam kondisi sedang sebanyak 32 siswa (88,9%) dan dalam kondisi kurang sebanyak 4 siswa (11,1%) 4) pembelajaran jarak jauh berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan belajar pada siswa kelas IV. Dengan nilai Fhitung lebih besar dari Ftabel yaitu 4,408 > 4,11 dengan signifikansi sebesar 0,043 yang lebih kecil dari taraf signifikansi yaitu 0,05 dan nilai koefisien regresi 0,562 5) pembelajaran jarak jauh berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat belajar pada siswa kelas IV MI Tarbiyatul Aulad Jombor Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2021/2022. Dengan nilai Fhituung lebih besar dari Ftabel yaitu 5,349 > 4,11 dengan signifikansi sebesar 0,27 lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05 dan nilai uji koefisien regresi 0,567. Koefisien determinasi (KD) pembelajaran jarak jauh berpengaruh terhadap kemampuan belajar sebesar 11,4%. Sedangkan koefisien determinasi pembelajaran jarak jauh dengan minat belajar sebesar 13,6% dengan total 25% selebihnya 75% dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 27 Dec 2021 12:21
Last Modified: 27 Dec 2021 12:21
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/12564

Actions (login required)

View Item View Item