ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP OPERASI HITUNG BILANGAN PECAHAN DI TINJAU DARI PENYELESAIAN SOAL DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V MI NAHI MUNKAR JLEGONG KECAMATAN KLEGO KABUPATEN BOYOLALI 2021/2022

PRAMESTY, INTAN SUCI AGUSTIN (2021) ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP OPERASI HITUNG BILANGAN PECAHAN DI TINJAU DARI PENYELESAIAN SOAL DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V MI NAHI MUNKAR JLEGONG KECAMATAN KLEGO KABUPATEN BOYOLALI 2021/2022. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
INTAN SUCI AGUSTIN PRAMESTY 23040170068 fix.pdf

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang dari penulisan skripsi ini adalah adanya hasil observasi serta wawancara kepada guru matematika kelas V MI Nahi Munkar Jlegong Kecamatan Klego Kabupaten Boyolali yang menunjukkan masih banyak peserta didik yang mendapatkan nilai hasil belajar di bawah KKM yang ditentukan oleh sekolah yaitu 75. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman konsep operasi hitung bilangan pecahan yang ditinjau dari penyelesaian soal dan hasil belajar peserta didik kelas V MI Nahi Munkar Jlegong Boyolali 2021/2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan mix methods, yaitu penggabungan antara metode kuantitatif dan kualitatif dalam suatu penelitian. Pendekatan kualitatif pada penjabaran pernyataan dari lembar angket dan pendekatan kuantitatif pada penghitungan skor dan nilai tes. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah berupa tes uraian dan lembar angket. Hasil analisis pemahaman konsep operasi hitung bilanagan pecahan ditinjau dari penyelesaian soal dan hasil belajar peserta didik kelas V MI Nahi Munkar adalah sebagai berikut: (1) Peserta didik dengan kategori tinggi memiliki persentase pemahaman konsep sebesar 85%, peserta didik mampu menguasai semua indikator pemahaman konsep serta penyelesaian soal yang dituliskan benar dan rinci. Peserta didik dengan kategori tinggi mempunyai hasil belajar sebesar 80. (2) Peserta didik dengan kategori sedang memiliki persentase pemahaman konsep sebesar 70%, peserta didik hampir mampu menguasai indikator pemahaman konsep serta penyelesaian soal yang dilakukan masih ada kesalahan. Peserta didik dengan kategori sedang mempunyai hasil belajar sebesar 67,5. (3) Peserta didik dengan kategori rendah memiliki persentase pemahaman konsep sebesar 35%, peserta didik belum mampu menguasai indikator pemahaman konsep serta penyelesaian soal tidak runtut dan tidak benar. Peserta didik dengan kategori rendah mempunyai hasil belajar sebesar 32,5.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 27 Dec 2021 21:49
Last Modified: 27 Dec 2021 21:49
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/12578

Actions (login required)

View Item View Item