Rohman, Abdur (2021) EVALUASI DURASI BELAJAR SISWA PADA SISTEM PEMBELAJARAN DARING DI KELAS III A MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF DUKUH KECAMATAN SIDOMUKTI. [UNSPECIFIED]
Text
SKRIPSI ABDUR RAHMAN 23040160061.pdf Download (2MB) |
Abstract
Rahman, Abdur. 2021. Evaluasi Durasi Belajar Siswa pada Sistem Pembelajaran Daring di Kelas III A Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Dukuh Kecamatan Sidomukti Kota Salatiga Tahun Ajaran 2020/2021. Skripsi: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Fenny Widiyanti, M.Pd. Kata kunci: Evaluasi, Durasi belajar siswa, Pembelajaran daring. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui penerapan durasi KBM secara daring di kelas III A MI Ma’arif Dukuh Kecamatan Sidomukti Kota Salatiga Tahun Ajaran 2020/2021 (2) Mengetahui dampak perubahan durasi belajar dengan sistem daring terhadap pelaksanaan kegiatan pembelajaran daring dan screen time pada siswa kelas III A di MI Ma’arif Dukuh Kecamatan Sidomukti Kota Salatiga Tahun Ajaran 2020/2021 (3) Mengetahui dampak perubahan durasi belajar dengan sistem daring terhadap pemahaman materi pada siswa kelas III A di MI Ma’arif Dukuh Kecamatan Sidomukti Kota Salatiga Tahun Ajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus (case study). Data primer penelitian ini diperoleh melalui observasi, dokumentasi, kuesioner kepada siswa dan wawancara guru kelas dan guru PAI. Data sekunder berupa buku referensi dan dokumen pendukung penelitian. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III A, guru kelas dan guru PAI. Analisa data menggunakan metode analisa interaktif. Hasil dari penelitian ini yaitu durasi KBM secara daring yang diterapkan di kelas III A selama 2 jam per hari. Pelaksanaan pembelajaran daring terdiri dari penyampaian materi yang dilakukan oleh guru berupa video pembelajaran yang dikirimkan melalui Whatsapp dan screen time pada siswa kelas III A lebih dari 2 jam setiap harinya. Kemampuan pemahaman materi pada siswa mengalami kesulitan karena kurangnya intensitas komunikasi antara guru dengan siswa sehingga menyulitkan siswa untuk lebih aktif bertanya mengenai materi pelajaran kepada guru.
Item Type: | UNSPECIFIED |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 29 Dec 2021 17:05 |
Last Modified: | 14 Jan 2022 08:51 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/12602 |
Actions (login required)
View Item |