STRATEGI PENANAMAN SIKAP TASAMUH MELALUI AKTIVITAS RUMAH BACA ALAM KALIJAGA DI DUSUN NASRI KECEMATAN GRABAG KABUPATEN MAGELANG JAWA TENGAH TAHUN 2021

SUWANDI, MOHAMAD ARDIN (2021) STRATEGI PENANAMAN SIKAP TASAMUH MELALUI AKTIVITAS RUMAH BACA ALAM KALIJAGA DI DUSUN NASRI KECEMATAN GRABAG KABUPATEN MAGELANG JAWA TENGAH TAHUN 2021. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Mohamad Ardin Suwandi -TESIS FULL.pdf

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Tesis Mohamad Ardin Suwandi. 1201019013. “Penanaman Sikap Tasamuh Melalui Aktivitas Rumah Baca Alam Kalijaga di Dusun Nasri Kecamatan Grabag Kabupaten Magelang Jawa Tengah Tahun 2021”, Program Studi Pendidikan Agama Islam. Program Pascasarjana Institut Agama Islam Negri Salatiga. Pembimbing: Dr. Ruwandi, MA. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk menjawab tiga rumasan masalah yaitu (1) Bagaimana strategi penanaman sikap tasamuh melalui aktivitas di rumah baca Alam Kalijaga?, (2) Apa sajakah sikap tasamuh yang ditanamkan melalui aktivitas di rumah baca Alam Kalijaga?, dan (3) Apa sajakah faktor pendukung dan penghambat penanaman sikap tasamuh melalui aktivitas di rumah baca Alam Kalijaga?. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian studi kasus dengan pendekatan naturalistik inquiry. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipan, wawancara tidak terstruktur, dan studi dokumentasi. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi jenis bahan referensi dan memberchack. Analisis data menggunakan teori Miles dan Habermen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Stategi yang digunakan untuk menanamkan sikap tasamuh di rumah baca Alam Kalijaga yaitu multiple intelligence berbasis minat dan bakat, diskusi atau dialog, keteladanan atau praktik langsung, permainan bersama atau kelaborasi kegiatan. (2) Sikap tasamuh yang ditanamkan di rumah baca Alam Kalijaga yaitu bersikap empati, saling menghormati dan menghargai, saling berbagi, tolong-menolong, kerjasama, kejujuran, dan mencintai lingkungan sekitar. (3) Faktor pendukung penanaman sikap tasamuh di rumah baca Alam Kalijaga yaitu sistem kekeluargaan, lingkungan rumah baca, tujuan berkegiatan. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu pergaulan anak didik di luar rumah baca, kontrol Pendamping di luar kegiatan, dan keterbatasan waktu pendamping. Kata Kunci: Sikap Tasamuh, Aktivitas Rumah Baca Alam Kalijaga.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: ?? PASCA-PAI ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 29 Dec 2021 17:06
Last Modified: 29 Dec 2021 13:00
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/12604

Actions (login required)

View Item View Item