PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN AKIBAT PANDEMI TERHADAP CARA BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 4 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Asriyanti, Asih (2021) PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN AKIBAT PANDEMI TERHADAP CARA BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 4 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2020/2021. UNSPECIFIED thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
ASIH ASRIYANTI 23040170147.pdf

Download (2MB)

Abstract

Asriyanti, Asih. 2021. Problematika Pembelajaran Akibat Pandemi Terhadap Cara Belajar Peserta Didik Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Semarang Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institus Agama Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing Skripsi: Drs. Abdul Syukur, M.Si. Kata Kunci: Problematika Pembelajaran, Cara Belajar Peserta Didik Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui problematika yang dihadapi dalam pembelajaran daring di kelas IV MIN 4 Semarang Tahun Pelajaran 2020/2021, pelaksanaan pembelajaran daring di kelas IV MIN 4 Semarang Tahun Pelajaran 2020/2021, cara belajar yang efektif bagi peserta didik selama pandemi di kelas IV MIN 4 Semarang Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Teknik yang yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Analisis dalam penelitian ini meliputi reduksi data, menyajikan data, dan penarikan kesimpulan data. Pengecekan keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber. Berdasarkan analisis wawancara yang telah dilaksanakan oleh peneliti bahwa terdapat beberapa problematika yang dihadapi dikelas IV MIN 4 Semarang yaitu kurangnya kerjasama orang tua dengan peserta didik, keterbatasan sarana prasarana, minat belajar dan hasil belajar yang menurun, sikap kecerdasan dan kedisiplinan. Adapun dalam proses pembelajaran daring kelas IV MIN 4 Semarang berjalan baik seperti proses pembelajaran di dalam kelas walaupun masih ada kendala yang dihadapi, dan sudah terlihat baik guru memberikan materi dan penugasan. Setiap hari pembelajaran dilaksanakan sesuai jadwal dengan cara daring melalui grup Whattsapp. Adapun cara belajar yang efektif bagi peserta didik selama pandemi di kelas IV MIN 4 Semarang diantaranya adalah bimbingan belajar agar peserta didik mampu memahami materi dan menyelesaikan tugas tepat waktu, memotivasi minat belajar dimasa pandemi peserta didik untuk semangat belajar dikarenakan belajar di rumah menjadikan peserta didik menjadi malas untuk belajar, menggunakan media/metode pembelajaran yang menarik pada saat pembelajaran daring agar menarik perhatian peserta didik.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 31 Dec 2021 17:51
Last Modified: 31 Dec 2021 13:21
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/12653

Actions (login required)

View Item View Item