Pendidikan Spiritual dalam Novel Centhini: 40 Malam Mengintip Sang Pengantin Karya Sunardian Wirodono

Laila, Azza Nurul (2016) Pendidikan Spiritual dalam Novel Centhini: 40 Malam Mengintip Sang Pengantin Karya Sunardian Wirodono. Other thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.

[img] Text
azza nurul laila.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan adalah komponen penting dalam dunia pendidikan karena pendidikan dibutuhkan untuk membentuk manusia seutuhnya sesuai dengan norma Islam dan memiliki pengetahuan luas serta karakter yang kuat. Pada dasarnya pendidikan spiritual sangatlah penting dalam kehidupan, karena dengan pendidikan spiritual yang tertanam pada diri manusia akan menumbuhkan jati diri manusia yang berbeda dan karakter berlandaskan syariat Islam. Mengetahui bahwa pendidikan adalah komponen inti dalam dunia untuk mendapatkan berbagai macam pengetahuan untuk bekal kehidupannya, betapa pentingnya pendidikan karena seseorang akan mampu menjalani kehidupan dengan memiliki etika yang luhur dan budi pekerti yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Konsep spiritual yang terdapat dalam novel Chentini, 40 Malam Mengintip Sang Pengantin karya Sunardian Wirodono, 2) Pendidikan spiritual yang terdapat dalam novel Chentini, 40 Malam Mengintip Sang Pengantin karya Sunardian Wirodono, dan 3) Implikasi pendidikan spiritual yang terdapat dalam novel Chentini, 40 Malam Mengintip Sang Pengantin karya Sunardian Wirodono pada kehidupan sehari-hari. Penelitian ini merupakan penelitian menggunakan metode kepustakaan (library research) sedangkan dalam pengumpulan datanya menggunakan metode dokumenter (bibliograpfi), analisis data yang digunakan dalam penulisan skripsi ini adalah dengan analisis isi (content analiysis). Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: 1) Konsep spiritual yang terkandung dalam novel adalah konsep religius karena memberikan keterangan prilaku dan cara pendekatan-pendekatan dengan Tuhan Yang Maha Esa dan lingkunganya sesuai dengan ajaran agama Islam. 2) Pendidikan spiritual yang terdapat dalam novel centhini ini antara lain: tenggang rasa, qona’ah, kesabaran, kejujuran, kerjasam, integritas, rasa syukur, keadilan, keberania, rasa percaya, kesederhanaan, kedamaian, tanggung jawab, kemurnian hati, ketekunan, cinta. 3) Implikasi pendidikan spiritual dalam kehidupan sehaari-hari adalah memahami bagaimana kepribadian anak dan mulai mempraktekan pendidikan spiritualita yang terdapat dalam novel Centhini, 40 Malam Mengintip Sang Pengantin seperti tenggang rasa, qona’ah, kesabaran, kejujuran, kerjasam, integritas, rasa syukur, keadilan, keberania, rasa percaya, kesederhanaan, kedamaian, tanggung jawab, kemurnian hati, ketekunan, cinta dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 17 Mar 2017 04:46
Last Modified: 17 Mar 2017 04:46
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/1267

Actions (login required)

View Item View Item