Hidayah, Nur (2015) NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM NOVEL 99 CAHAYA DI LANGIT EROPA (TELAAH KAJIAN DARI ASPEK UNSUR-UNSUR PENDIDIKAN). Other thesis, IAIN Salatiga.
|
Text
Nur Hidayah_11111136.pdf Download (677kB) | Preview |
Abstract
Pendidikan Islam adalah suatu komponen inti dalam dunia pendidikan. Karena manusia membutuhkan tidakhanya pengetahuan saja namun juga kekuatan spiritual keagamaan agar terbentuk manusia seutuhnya (insan kamil) sesuai dengan norma Islam. Pendidikan didapat tidak hanya melalui sekolah formal saja. Pendidikan didapat dari mana saja. Salah satunya melalui karya sastra yang bermutu dan berkualitas yaitu novel 99 Cahaya di Langit Eropa karya Hanum Salsabila Rais dan Rangga Almahendra. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Nilai-nilai pendidikan Islam dalam novel 99 Cahaya di Langit Eropa. 2) Relevansi pendidikan Islam novel 99 Cahaya di Langit Eropa dalam kehidupan masyarakat muslim. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kepustakaan (library research), sedangkan dalam pengumpulan datanya menggunakan interview dan documenter. Analisis data yang digunakan dalam skripsi ini adalah analisis (content analysis). Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: 1) Nilai-nilai Pendidikan Islam yang terkandung dalam novel 99 Cahaya di Langit Eropa, yaitu nilai pendidikan aqidah/keimanan, nilai pendidikan ibadah, nilai pendidikan akhlak. 2) Relevansi pendidikan novel 99 Cahaya di Langit Eropa dalam kehidupan masyarakat Muslim, yaitu hidup mandiri, ajakan untuk menuntut ilmu, ajaran untuk senantiasa bersabar, perintah mengerjakan shalat dan puasa, perintah untuk berbicara dengan baik, dan tatacara berhubungan dengan beda agama.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 11 Feb 2016 07:06 |
Last Modified: | 11 Feb 2016 07:06 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/127 |
Actions (login required)
View Item |