astuti, Pratiwi puji (2022) PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA SEKOLAH DASAR DI DUSUN NGARAN DESA NGASINAN KECAMATAN GRABAG KABUPATEN MAGELANG. [UNSPECIFIED]
Text
Pratiwi Puji Astuti 23040170024.pdf Download (3MB) |
|
Text
Pratiwi Puji Astuti 23040170024.pdf Download (2MB) |
Abstract
Astuti, Pratiwi Puji. 2021. Pengaruh Perhatian Orang Tua terhadap Motivasi Belajar Matematika pada Siswa Sekolah Dasar di Dusun Ngaran Desa Ngasinan Kecamatan Grabag Kabupaten Magelang Tahun 2021. Skripsi , Salatiga: Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan: Pembimbing Wahidin, M.Pd. Kata kunci: perhatian orang tua, motivasi belajar matematika. Penelitian kuantitaif ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh yang signifikan antara pengaruh perhatian orang tua terhadap motivasi belajar matematika pada siswa sekolah dasar di Dusun Ngaran Desa Ngasinan Kecamatan Grabag Kabupaten Magelang. Permasalahan yang diungkap adalah: (1) Bagaimana Perahtian Orang tua Pada siswa ? (2) Bagaimana motivasi belajar matematika pada siswa ? (3) Apakah perhatian orang tua berepengaruh pada motivasi belajar matematika pada siswa? Untuk menjawab permasalahan dan hipotesis penelitian, maka digunkan analisis presentase dan regresi linier sederhana. Subjek penelitian sebanyak 35 responden. Pengumpulan data menggunkan instrumen penyebaran angket/kuisioner dan dakumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) perhatian orang tua di Dusun Ngaran pada katogeri tinggi 97,1%, katogori sedang 2,9%,, dan kategori rendah 0%. (2) motivasi belajar matematika di Dusun Ngaran berada pada kategori tinggi sebesar 100%, kategori rendah 0%, dan kategori sedang 0%. (3) terdapat pengaruh yang cukup signifikan antara pengaruh perhatian orang tua terhadap motivassi belajar matematika siswa Sekolah Dasar di Dusun Ngaran Desa Ngasinan Kecamatan Grabag Kabupaten Magelang tahun 2021. Semakin tinggi perahtain orang tua maka semakin tinggi pula motivasi belajarnya. Semakin tinggi motivasi maka prestasi belajarnya juga tinggi. Hal tersebut ditunjukkan dengan uji regresi yang diperoleh Fhitung lebih besar dari Ftabel yaitu 1,614 < 2,64 dengan signifikasi sebesar 0,000 yang lebih kecil dari taraf signifikasi yaitu 0,05 dan nilai koefisien regresi 0,672. Koefisien determinasi (KD) sebesar 45,15% dan selebihnya 59,85% dipengaruhi oleh faktor lain.
Item Type: | UNSPECIFIED |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 10 Jan 2022 16:33 |
Last Modified: | 13 Jan 2022 14:20 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/12730 |
Actions (login required)
View Item |