Janah, Tri Miftakhul (2016) RELEVANSI ANTARA KONSEP PENDIDIKAN SPIRITUAL SYAIKH ABDUL QADIR AL JAILANI DENGAN KONSEP PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA. Other thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.
Text
Tri Miftakhul Janah 111-12-213.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penulisan skripsi ini sebuah upaya untuk mengupas lebih dalam tentang sosok waliyullah yang sangat terkenal, yakni Syaikh Abdul Qadir al Jailani. Penulisan ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan dari permasalahan: 1. Bagaimana biografi syaikh Abdul Qadir al Jailani? 2. Bagaimana konsep pendidikan spiritual Syaikh Abdul Qadir al Jailani? 3. Bagaimana relevansi antara konsep pendidikan spiritual Syaikh Abdul Qadir al Jailani terhadap Pendidikan Islam di Indonesia? Data penelitian untuk menjawab pertanyaan-pertanyan tersebut penulis peroleh dari membaca buku-buku, artikel, kitab karya Syaikh Abdul Qadir al Jailani, dan mencari di internet hal-hal yang berkaitan dengan Syaikh Abdul Qadir al Jailani. Sehingga dapat dipastikan bahwa penelitian ini termasuk penelitian library research. Hasil dari penelitian dalam skripsi ini dapat diketahui bahwa Syaikh Abdul Qadir Al Jailani adalah seseorang yang sangat terkenal kekeramatan spiritualnya pada masa itu. Sehingga beliau diberi gelar Shulthanul Auliya’, sebuah gelar yang sangat mulia karena menjadi rajanya para wali. Adapun konsep pendidikan spiritualnya yaitu konsep tauhid (kitab al fath ar rabbani wal faidhu rahmani), konsep akhlaq atau adab (kitab al ghunyyah li thalib thariqi al haq azza wa jalla), konsep thariqat (kitab sirr al asar), konsep muamalah (kitab al ghunyah li thalibi thariqi al haq azza wa jalla). Relevansi antara konsep pendidikan spiritual Syaikh Abdul Qadir Al Jaiani terhadap konsep pendidikan Islam di Indonesia dapat ditemukan bahwa konsep tauhid pada zaman Syaikh sangat ditekankan dalam mewujudkan pembelajaran yang sempurna. Dan kini konsep tauhid juga digunakan dalam konsep pendidikan Islam di Indonesia dalam mewujudkan pembelajaran yang ideal. Jadi, Syaikh Abdul Qadir Al Jailani sebagai waliyullah yang sangat terkenal di masanya itu, dalam mengelola madrasahnya beliau sangat menekankan konsep ketauhidan menjadi dasar sebuah proses pembelajaran yang diampunya. Sehingga mampu, menciptakan generasi yang berakhlaq mulia berdasarkan dengan spiritual. Sangatlah relevan dengan konsep pendidikan di Indonesia yang juga menekankan konsep tauhid sebagai dasar dalam proses pembelajaran yang islami.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 17 Mar 2017 08:13 |
Last Modified: | 17 Mar 2017 08:13 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/1274 |
Actions (login required)
View Item |