PROSEDUR PELELANGAN MARHUN DI PEGADAIAN SYARIAH CABANG SOLO BARU

Istikhomah, Nurul (2008) PROSEDUR PELELANGAN MARHUN DI PEGADAIAN SYARIAH CABANG SOLO BARU. Diploma thesis, IAIN Salatiga.

[img] Text
Nurul Istikhomah - 201 05 029_0001.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pegadaian merupakan salah satu badan usaha milik pemerintah serta lembaga keuangan perbankan yang memberikan pinjaman kepada masyarakat dengan menggunakan agunan atau jaminan. Lelang a'alah salah satu upaya pengembalian uang pinjaman beserta jasa simpan/sewa modal yang tidak dilunasi sampai batas waktu yang ditentukan. Usaha pelelangan ini dilakukan apabila nasabah memang sudah tidak lagi mampu mengembalikan pinjamannya. Dalam penulisan tugas akhir ini akan dibahas tentang prosedur pelelangan marhun (barang jaminan) di Pegadaian Syariah Cabang Solo Baru. Dengan motto "Mengatasi Masalah Tanpa Masalah", pegadaian semakin mendapatkan perhatian dari masyarakat karena dengan memberikan pelayanan yang memuaskan dan kecepatan waktu dalam pencarian dana. Dalam melakukan lelang pihak pegadaian haris melaksanakan prosedur- prosedur yang telah di tentukan. Produk-produk tersebut meliputi pemberitahuan, persiapan lelang, wa!tu dan tata cara pelelangan, harga minimum penjualan/pelelangan, administrasi pejualan/pelelangan, barang yang tidak laku dijual. Dalam menjalankan kegiatan Perum Pegadaian Syriah Cabang Solo Baru mengalami hambatan-hambatan yaitu : harga yang ditawarkan oleh pihak Pegadaian Syariah tidak sesuai dengan harga yang ditawarkan oleh pihak pembeli barang gadai, barang lelang sudah tidak berlaku di pasaran, keterbatasan karyawan yang ada menyebabkan Pegadaian Syariah Cabang Solo Baru yang maksimal dalam melayani nasabah. Adapun upaya untuk mengatasi hambatan tersebut dapat ditempuh dengan cwa sebagai berikut : dalam menerima barang gadai hendaknya ditaksir apakah barang tersebut masih layak di gadai apa tidak dalam jangka waktu yang telah ditentukan agar tidak mengalami hambatan-hambatan dalam pelelangan barang jaminan, mengefektifkan karyawan melalui pelatihan-pelatihan dan pendidikan, penambahan karyawan agar pelayanan terhadap nasabah dapat berlangsung dengan cepat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah (D3)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 17 Jan 2022 08:23
Last Modified: 17 Jan 2022 08:23
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/12795

Actions (login required)

View Item View Item