Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Udara Melalui Penerapan Metode Eksperimen Pada Siswa Kelas IIIMI Al-Iman Magelang Tahun Pelajaran 2015/2016

Larasati, Desy Retno (2016) Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Udara Melalui Penerapan Metode Eksperimen Pada Siswa Kelas IIIMI Al-Iman Magelang Tahun Pelajaran 2015/2016. Other thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.

[img] Text
SKRIPSI DESY RETNO LARASATI 115-12-007.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan rendahnya pemahaman terhadap mata pelajaran IPA materi udara dengan KKM 70 masih memiliki persentase 40,625%, dan belum memenuhi secara klasikal. Kenyataan menunjukkan bahwa sampai saat ini masih banyak guru menggunakan pendekatan tradisional dalam pembelajaran IPA yang belum mampu mengembangkan kemampuan kognitif (penalaran), afektif (sikap), dan psikomotorik (keterampilan). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA materi udara melalui metode eksperimen pada siswa kelas III MI Al-Iman Kota Magelang Tahun Pelajaran 2015/2016. Dalam penelitian ini, menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dengan 2 siklus. Tiap siklusnya merupakan rangkaian kegiatan yang terdiri dari: (1) Planning, untuk mengidentifikasi masalah dan merencanakan kegiatan pembelajaran, dan membuat instrument penelitian lainnya, (2) Acting, melaksanakan pembelajaran pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pokok bahasan Udara, (3) Observing, pengambilan data tentang hasil melalui tes dan lembar pengamatan, (4) Reflecting, menganalisis data hasil pengamatan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III MI Al-Iman Magelang yang berjumlah 31 siswa, terdiri dari laki-laki 19 anak dan 13 anak perempuan. Peneliti ini menggunakan metode eksperimen pada saat pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Temuan dari peneiti ini menunjukkan bahwa penggunaan metode eksperimen yang tepat mampu meningkatkan hasil belajar. Dalam penelitian ini hasil belajar siswa dapat meningkat, dilihat dari hasil tes formatif pada setiap siklus yaitu pra siklus 40,625%, siklus I 61,3%, dan siklus II 80,64%. Mengacu pada hasil penelitian peneliti menyarankan kepada para guru atau calon guru untuk selalu meningkatkan inovasi pembelajarannya dengan menggunakan media, metode, dan teknik yang bervariasi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 17 Mar 2017 08:48
Last Modified: 17 Mar 2017 08:48
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/1280

Actions (login required)

View Item View Item