Analisis Konsentrasi Kepemilikan dan Mekanisme Corporate Governance Terhadap Ekspropriasi Manajemen Laba pada Perbankan Syariah di Indonesai (Tahun 2010-2015)

Yudiana, Fetria Eka (2022) Analisis Konsentrasi Kepemilikan dan Mekanisme Corporate Governance Terhadap Ekspropriasi Manajemen Laba pada Perbankan Syariah di Indonesai (Tahun 2010-2015).

[img] Text
ANALISIS MINAT DAN PERILAKU BERHIJRAH FETRIA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini menganalisis pengaruh konsentrasi kepemilikan dan mekanisme corporate governance terhadap ekspropriasi manajemen laba pada perbankan syariah di Indonesia. Dengan menggunakan menggunakan tekhnik purposive sampling maka didapatkan delapan Bank Umum Syariah dijadikan sampel dalam penelitian ini, dengan periode pengamatan antara tahun 2010 sampai dengan 2015. Variabel dependen yang digunakan dalam penelitian ini adalah manajemen laba dengan proksi loan loss provision dan variabel independen konsentrasi kepemilikan, mekanisme corporate governance (komposisi dewan komosaris, ukuran dewaan komisaris dan frekuensi rapat komite audit). Dengan menggunakan analisis regresi berganda maka hasil dari penelitian ini disimpulkan bahwa (1) variabel konsentrasi kepemilikan memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap praktek manajemen laba pada perbankan syariah di Indonesia; (2) variabel komposisi dewan komisaris memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap praktek manajemen laba pada perbankan syariah di Indonesia; (3) variabel ukuran dewan komisaris tidak berpengaruh terhadap manajemen laba pada perbankan syariah di Indonesia; (4) variabel rapat komite audit memiliki berpengaruh negatif terhadap praktek manajemen laba perbankan syariah di Indonesia pada periode tahun 2010 sampai dengan 2015. Kata kunci: Manajemen laba, konsentrasi kepemilikan, mekanisme corporate governance

Item Type: Article
Subjects: Agama > Manajemen dan Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 18 Jan 2022 16:05
Last Modified: 08 Feb 2022 10:53
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/12802

Actions (login required)

View Item View Item