UPAYA GURU DALAM PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SD NEGERI PRAWOTO 01 KECAMATAN SUKOLILO KABUPATEN PATI TAHUN AJARAN 2020/2021

sari, novita (2022) UPAYA GURU DALAM PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SD NEGERI PRAWOTO 01 KECAMATAN SUKOLILO KABUPATEN PATI TAHUN AJARAN 2020/2021. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
SKRIPSI NOVITA SARI 23040170026 FIX 1.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui upaya guru dalam peningkatan motivasi belajar siswa dan (2) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam peningkatan motivasi belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan wawancara, pengamatan dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di SDN Prawoto 01 upaya yang dilakukan guru kelas IV, V dan VI yaitu: dengan menggunakan metode ceramah, diskusi, tanya jawab, menampilkan proyektor, memberi angka, memberi pujian, memberi apresiasi, selalu menyemangati kepada siswa yang prestasinya masih kurang standar, memberikan tambahan belajar diluar jam pelajaran, dan mau merhatikan dengan cara menegur siswa yang bandel atau siswa yang sukanya menyepelekan guru pada saat mengajar. Guru berhasil dalam mengajar siswa mencapai di atas KKM yaitu 70. Sesuai dengan hasil penelitian prestasi siswa diambil dalam penilaian raport siswa dengan rata-rata kelas IV yaitu 79%, kelas V 79% dan kelas VI 80%. Faktor pendukung dan penghamabt dalam peningkatan motivasi belajar siswa ada dua yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor pendukung internal antara lain: minat belajar siswa yang sangat kuat, gen siswa yang cerdas, siswa yang memiliki motivasi belajar dan siswa yang memiliki bakat sejak lahir. Sedangkan faktor pendukung dari eksternal bisa keluarga dan lingkungan. Faktor penghambat internal dalam peningkatan motivasi belajar siswa yaitu siswa yang berkemampuan rendah dan siswa yang tidak memiliki semangat dalam belajar. Sedangkan faktor penghambat ekternal yaitu keluarga dan lingkungan.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 21 Jan 2022 20:37
Last Modified: 21 Jan 2022 20:37
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/12818

Actions (login required)

View Item View Item