INTERNALISASI NILAI-NILAI MORAL DAN DAMPAKNYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IX D DI MTS DARUNNAJA KECAMATAN KETAHUN KABUPATEN BENGKULU UTARA TAHUN AJARAN 2021/2022

KUNCORO, ADI (2022) INTERNALISASI NILAI-NILAI MORAL DAN DAMPAKNYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IX D DI MTS DARUNNAJA KECAMATAN KETAHUN KABUPATEN BENGKULU UTARA TAHUN AJARAN 2021/2022. [UNSPECIFIED]

[img] Text
FINAL SKRIPSI ADI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang internalisasi nilai-nilai moral dalam proses pembelajaran matematika pada kelas IX MTs Darunnaja Bengkulu Utara. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendiskripsikan proses internalisasi nilai-nilai moral dalam proses pembelajaran matematika pada kelas IX MTs Darunnaja Bengkulu Utara, 2) Mendiskripsikan pengaruh internalisasi nilai-nilai moral terhadap motivasi belajar matematika siswa pada kelas IX MTs Darunnaja Bengkulu Utara, dan 3) Mendiskripsikan faktor penghambat dalam internalisasi nilai-nilai moral dalam proses pembelajaran matematika pada kelas IX MTs Darunnaja Bengkulu Utara. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dengan membatasi penelitian dengan fokus dan memiliki ciri-ciri yang sesuai dengan penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru matematika dan siswa kelas IX D MTs Darunnaja Bengkulu Utara. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, dokumentasi dan wawancara. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman observasi, pedoman dokumentasi, dan pedoman wawancara. Hasil penelitian diperoleh bahwa internalisasi nilai-nilai moral dalam proses pembelajaran matematika pada kelas IX D di MTs Darunnaja Bengkulu Utara telah dilaksanakan oleh guru melalui perencanaan pembelajaran. Guru menggunakan pendekatan Inculcation Approach atau pendekatan penanaman nilai dengan metode keteladanan, penguatan positif, dan penguatan negatif. Berdasarkan wawancara yang dilakukan dengan Guru, didapat kesimpulan bahwa terdapat dampak dari nilai-nilai moral yang ditanamkan terhadap motivasi belajar siswa dalam pembelajaran Matematika. Dampak ini diukur dari perilaku siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Lingkungan Pesantren yang sarat akan nilai-nilai positif menjadi faktor pendukung dalam proses internalisasi nilai-nilai moral kepada siswa. Kurangnya rasa tanggung jawab sebagai siswa menjadi faktor penghambat proses internalisasi nilai-nilai moral yang dilakukan oleh guru kepada siswa

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? MAT ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 21 Jan 2022 21:45
Last Modified: 22 May 2022 18:29
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/12820

Actions (login required)

View Item View Item