Implementasi Pendidikan Karakter Disiplin dan Sopan Santun di Masa Pandemi Covid-19 pada Siswa SMP PGRI Banyubiru

muna, Ana ainia wardatul (2022) Implementasi Pendidikan Karakter Disiplin dan Sopan Santun di Masa Pandemi Covid-19 pada Siswa SMP PGRI Banyubiru. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
Skripsi Ana Ainia Wardatul Muna upload.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Muna, Ana Ainia Wardatul. 2021. Implementasi Pendidikan Karakter Disiplin dan Sopan Santun di Masa Pandemi Covid-19 Pada Siswa SMP PGRI Banyubiru. Skripsi, Salatiga: Program Studi Psikologi Islam Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Rovi’in, M.Ag. Kata Kunci : implementasi, pendidikan karakter, covid-19 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Konsep pendidikan karakter yang diterapkan di SMP PGRI Banyubiru, (2) Implementasi pendidikan karakter disiplin dan sopan santun pada masa pandemi Covid-19 di SMP PGRI Banyubiru, (3) faktor pendukung dan penghambat implementasi pendidikan karakter disiplin dan sopan santun pada masa pandemi Covid-19 di SMP PGRI Banyubiru. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek yang diteliti yaitu kepala sekolah, bagian kesiswaan, guru BK, guru PAI, dan siswa. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dalam penelitian ini yaitu dengan reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendidikan karakter disiplin dan sopan santun di masa pandemi Covid-19 pada siswa SMP PGRI Banyubiru yaitu (1)Konsep Pendidikan Karakter di SMP PGRI Banyubiru yaitu dengan mengedepankan sikap religius, taat akan perintah agama yang dianutnya, berakhlak baik serta didukung dengan pembiasaan dan teladan oleh guru dan tenaga kependidikan di SMP PGRI Banyubiru; (2) Implementasi pendidikan karakter disiplin dan sopan santun pada masa pandemi Covid19 yaitu dengan perencanaan menyusun tata tertib sekolah dan memberi (punishment & Reward), memasukkan pendidikan tentang karakter disetiap komponen pembelajaran, dengan hasil peserta didik di SMP PGRI Banyubiru sudah mengalami perkembangan dalam hal disiplin dan sopan santun meski ada satu atau dua yang masih melanggar, pelaksanaan pendidikan karakter disiplin dan sopan santun yaitu dengan pembiasaan rutin, kegiatan spontan, keteladanan, pengkondisian; (3) Faktor pendukungnya yaitu terdiri dari faktor intern dan faktor ekstern, faktor intern yaitu diri peserta didik sendiri, faktor ekstern yaitu adanya guru (fasilitator), komunikasi antar guru, kerja sama guru dengan orang tua peserta didik, sarana dan media pembelajaran daring, adanya tata tertib dan jumlah peserta didik yang cenderung sedikit, Faktor penghambatnya yaitu keberagaman karakter peserta didik, penyesuaian dan adaptasi sistem pembelajaran daring dan luring (blanded), keterbatasan fasilitas yang dimiliki, koneksi internet yang bermasalah, pengaruh lingkungan dan penyalahgunaan media sosial

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 26 Jan 2022 14:10
Last Modified: 26 Jan 2022 14:10
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/12841

Actions (login required)

View Item View Item