umayah, Afiana khanifatul (2022) URGENSI PENDAMPINGAN ORANG TUA DALAM PEMBELAJARAN DARING SISWA MI DI DESA BONOMERTO KECAMATAN SURUH KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2021. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]
Text
PGMI_Afiana Khanifatul U (23040170041).pdf Download (2MB) |
Abstract
Umayah, Afiana Khanifatul. 2021. Urgensi Pendampingan Orang Tua Dalam Pembelajaran Daring Siswa MI di Desa Bonomerto Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang Tahun 2021. Skripsi. Salatiga: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dra. Siti Farikhah, M.Pd. Kata Kunci: Urgensi, Pendampingan Orang Tua dan Pembelajaran Daring Penelitian ini memiliki tujuan yang ingin dicapai yaitu adalah: (1) Pelaksanaan pembelajaran daring yang didampingi orang tua (2) Faktor penghambat orang tua dalam pendampingan pembelajaran daring (3) Solusi dari faktor penghambat orang tua dalam pendampingan pembelajaran daring (4) Urgensi Pendampingan orang tua dalam pembelajaran daring. Jenis Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini meliputi data primer yaitu data hasil wawancara dari orang tua dan siswa mi di desa Bonomerto Kecamatan Suruh. Kemudian data sekunder yaitu berupa dokumen yang didapatkan dari pelaksanaan pembelajaran daring maupun sumber lainnya. Pengumpulan data ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari beberapa tujuan penelitian diatas dapat dilihat dari data yang didapatkan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Pelaksanaan pembelajaran daring ini siswa selalu mendapatkan pendampingan belajar dari orang tua. Dalam pendampingan tersebut Orang tua sebagai orang yang memberikan motivasi, pengawasan, fasilitas dan dorongan belajar. Karena siswa belum bisa mandiri dalam melaksanakan pembelajaran daring sendiri. Pelaksanaan pembelajaran yang didampingi orang tua ini tidak selalu berjalan dengan lancar. Dapat dilihat dari proses pelaksanaan pembelajaran tersebut orang tua mengalami faktor-faktor penghambat saat mendampingi anak belajar. Adanya faktor pengambat tersebut orang tua juga memiliki cara tersendiri dalam mengatasinya sehingga pembelajaran tetap bisa terlaksana sampai selesai. Dilihat dari proses pembelajaran daring tersebut, pendampingan orang tua sangatlah penting.
Item Type: | ["eprint_typename_skripsi" not defined] |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 07 Feb 2022 14:18 |
Last Modified: | 07 Feb 2022 14:18 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/12904 |
Actions (login required)
View Item |