Wulandari, Novita Astuti (2016) Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Perubahan Penampakan Bumi dan Benda Langit Melalui strategi collaborative learning Pada Siswa Kelas IV MI Kawengen 02 Tahun Pelajaran 2015/2016. Other thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.
Text
novita astuti wulandari 115-12-088.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV MI Kawengen 02 Kecamatan Ungaran Timur pada IPA dengan strategi collaborative learning. Masalah yang dikaji adalah apakah penerapan strategi collaborative learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA pada siswa kelas IV MI Kawengen 02 Kecamatan Ungaran Timur Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian yang digunakan adalah tindakan kelas dengan strategi colaborative learning. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 20 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklusnya merupakan rangkaian kegiatan yang terdiri dari : perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan pada mata pelajaran IPA materi perubahan kenampakan bumi dan benda langit dengan strategi collaborative learning menghasilkan peningkatan hasil belajar siswa yang dapat dilihat dari kondisi awal dari pembahasan yaitu nilai rata-rata kelas 45% siswa yang tuntas belajar, pada siklus I meningkat menjadi 65%. Selanjutnya meningkat lagi pada siklus II menjadi 90%. Berdasarkan hasil belajar tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui strategi collaborative learningdapat meningkatkan hasil belajar IPA materi Perubahan Kenampakan Bumi dan Benda Langit pada siswa kelas IV MI Kawengen 02 Kecamatan Ungaran Timur Tahun Pelajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 20 Mar 2017 03:55 |
Last Modified: | 20 Mar 2017 03:55 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/1291 |
Actions (login required)
View Item |