rahmawati, milka (2022) STRATEGI GURU DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS 1 SELAMA PANDEMI COVID-19 DI MIN 3 MAGELANG KABUPATEN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2021/2022. [UNSPECIFIED]
Text
MILKA RAHMAWATI 23040170107 upload.pdf Download (2MB) |
Abstract
Rahmawati, Milka. 2021. Strategi Guru dalam Pembelajaran Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 Selama Pandemi Covid-19 di MIN 3 Magelang Kabupaten Magelang Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi, Salatiga: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidayah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing : Imam Mas Arum, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Strategi guru, membaca permulaan, pembelajaran daring. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui strategi guru dalam pembelajaran membaca permulaan siswa kelas I selama pandemi Covid-19 di MIN 3 Magelang Kabupaten Magelang Tahun Pelajaran 2021/2022. 2) Untuk mengetahui problematika yang dialami dan upaya yang dilakukan untuk untuk mengatasi problematika dalam penerapan strategi guru dalam pembelajaran membaca permulaan siswa kelas 1 dalam pembelajaran daring di MIN 3 Magelang Kabupaten Magelang Tahun Pelajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah termasuk penelitian lapangan dan bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data dari penelitian ini berupa hasil wawancara dengan guru kelas kelas 1, kepala sekolah MIN 3 Magelang, dan wali murid kelas 1. Pengumpulan data ini dilakukan dengan mengadakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Strategi yang digunakan dalam proses pembelajaran membaca permulaan secara daring yaitu srategi bottom-up, yang dalam pengajaran membaca diawali dengan pengenalan nama-nama dan bentuk huruf, juga memperkenalkan gabungan dari huruf menjadi kata dan kalimat. Pelaksanaan strategi dilaksanakan dengan memanfaatkan aplikasi WhatsApp dengan metode benyanyi, metode penugasan, dan metode global. 2) Problematika yang dihadapi oleh guru dalam penerapan srategi pembelajaraan membaca permulaan siswa kelas 1 MIN 3 Magelang selama pandemi covid-19 adalah jaringan internet yang tidak stabil, terkadang orangtua siswa kehabisan kuota sebagai modal pembelajaran daring, kurangsiapnya pendampingan orangtua dalam pendampingan belajar anak karena kesibukan orangtua yang tidak bisa ditinggalkan, kurangnya sarana pembelajaran seperti smartphone sehingga pembelajaran hanya dilakukan melalui apikasi WhatsApp. Adapun upaya untuk mengatasi problematika yang dihadapi adalah dengan memberikan kuota internet yang berasal dari dana BOS, mengirimkan materi dalam jenis file yang tidak memerlukan signal yang kuat ataupun kuota yang besar, mengoptimalkan penggunaan aplikasi WhatsApp, media pembelajaran online dan buku tematik pegangan siswa, guru juga menjalin komunikasi dan kerja sama yang baik dengan orangtua siswa, serta memberikan kelonggaran waktu pengumpulan tugas.
Item Type: | UNSPECIFIED |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 10 Feb 2022 18:08 |
Last Modified: | 10 Feb 2022 11:14 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/12923 |
Actions (login required)
View Item |