Manajemen Penerimaan Peserta Didik Baru Pada Madrasah Unggul Di MTs Negeri 1 Klaten Tahun Pelajaran 2021/2022

Dewi, Yavia Dwita Apria (2022) Manajemen Penerimaan Peserta Didik Baru Pada Madrasah Unggul Di MTs Negeri 1 Klaten Tahun Pelajaran 2021/2022. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
SodaPDF-converted-Yavia Dwita 23010170336-PAI siap print.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Dewi, Yavia Dwita, Apria. 2021. Manajemen Penerimaan Peserta Didik Baru pada madrasah Unggul di MTs Negeri 1 Klaten Tahun Pelajaran 2021/2022.. Skripsi, Salatiga: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Pembimbing: Suwardi, M. Pd. Kata kunci: Manajemen Penerimaan Peserta Didik Baru Penelitian ini dilatar belakangi oleh keinginan peneliti untuk membuktikan bahwasanya madrasah tidak kalah berkualitas daripada sekolah umum. Baik dari segi input maupun ouputnya. Hal tersebut diawali dengan manajemen penerimaan peserta didik baru sebagai Langkah awal sebuah madrasah ingin melahirkan generasai yang memiliki akademik yang tinggi serta berakhlak mulia dengan objek penelitiannya ialah madrasah unggul. Madrasah unggul yang dipilih oleh peneliti adalah MTs Negeri 1 Klaten karena di wilayah Klaten belum banyak madrasah unggul masih banyak madrasah yang berdiri di bawah naungan madrasah yang lain. Selain itu, MTs Negeri 1 Klaten merupakan salah satu madrasah unggul di Klaten yang ditandai dengan akreditasi A dari Badan Akreditasi Sekolah/ Madrasah serta memiliki banyak prestasi baik madrasah sendiri, peserta didiknya, dan guru-gurunya. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimana perencanaan penerimaan peserta didik baru pada madrasah unggul, bagaimana pengorganisasian penerimaan peserta didik baru pada madrasah unggul, bagaimana pelaksanaan penerimaan peserta didik baru pada madrasaha unggul, dan pengawasan penerimaan peserta didik baru pada madrasah unggul yang dilaksanakan di MTs Negeri 1 Klaten Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan dokumentasi. Perencanaan yang dilakukan madrasah untuk kegiatan penerimaan peserta didik baru antara lain pembentukan panitia, mempersiapkan segala kebutuhan sosialisasi baik secara langsung maupun media sosial. Sosialisasi yang melalui media sosial madrasah mempersiapkan bahan berupa video pendek, pamphlet yang kemudian diuploud di media sosial yang telah dimiliki madrasah. Selain itu madrasah juga mempersiapkan link pendaftaran karena tahun pelajaran ini dalam masa pandemi covid-19 pendaftaran masih dilakukan secara online. Pengorganisasian pada penerimaan peserta didik baru di MTs Negeri 1 Klaten dilakukan dengan membentuk kepanitiaan yang bertugas mengurusi segala hal yang berkaitan dengan penerimaan peserta didik baru. Proses pemilihan panitia penerimaan peserta didik baru langsung ditunjuk oleh kepala madrasah dengan pertimbangan SK dari Kemenag. Tidak semua guru menjadi panitia namun semua guru menjadi factor pendukung terlaksananya kegiatan penerimaan peserta didik baru. Pelaksanaan penerimaan peserta didik baru di MTs Negeri 1 Klaten diawali dengan sosialisasi melalui media sosial dengan menguploud video pendek dan pamphlet di website, fb, dan ig MTs Negeri 1 Klaten. Kemudian pendaftaran penerimaan peserta didik baru dilakukan secara online dengan mengisi google form pada link yag telah disediakan oleh madrasah. Tes masuk pada penerimaan peserta didik baru ini dilakukan secara langsung di madrasah yaitu tes akademik dan baca tulis al quran. Pengumuman hasil tes disampaikan secara langsung setelah tes selesai. Apabila telah lulus tes tersebut maka calon peserta didik dapat langsung melakukan daftar ulang dengan cara memlunasi biaya pendaftaran dan memperoleh kain seragam. Kegiatan pelaksanaan penerimaan peserta didik baru di MTs negeri Klaten yang terakhir ialah Masa Pengenalan Lingkungan Madrasah (MPLM) secara online dengan mempelajari materi yang telah diberikan oleh panitia dan pengenalan materi pembelajaran secara singkat. Pengawasan penerimaan peserta didik dilakukan secara langsung secara mengalir. Tidak ada pembentukan panitia khusus pengawasan penerimaan peserta didik baru. Kegiatan yang paling mendapat pengawasan adalah kegiatan tes masuk penerimaan peserta didik. Karena dilakukan secara langsung di madrasah. Pengawasan ini dilakukan oleh semua panitia penerimaan peserta didik baru secara keseluruhan.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 11 Feb 2022 22:16
Last Modified: 11 Feb 2022 22:16
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/12938

Actions (login required)

View Item View Item