Metode Pembelajaran Kitab Kuning di Pondok Pesantren Sunan Giri Krasak Kec. Argomulyo Kota Salatiga

Taufik, Muhammad (2016) Metode Pembelajaran Kitab Kuning di Pondok Pesantren Sunan Giri Krasak Kec. Argomulyo Kota Salatiga. Other thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.

[img] Text
SKRIPSI TAUFIK.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan upaya untuk mengetahui metode-metode pembelajaran kitab kuning di Pondok Pesantren Sunan Giri. Pertanyaan yang ingin dijawab pada penelitian ini adalah (1) Apa sajakah metode pembelajaran kitab kuning yang diterapkan di Pondok Pesantren?, (2) Bagaimana penerapan metode pembelajaran kitab kuning di Pondok Pesantren Sunan Giri?, (3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat pembelajaran kitab kuning di Pondok Pesantren Sunan Giri? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, maka penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif-kualitatif dengan rancangan studi penelitian lapangan (field research). Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi sebagai alat pengumpulan data dari sumber data primer maupun sekunder. Kesimpulan yang dapat diambil pada penelitian ini adalah: (1) Metode Pembelajaran Kitab Kuning di Pondok Pesantren yang digunakan berupa metode klasikal, bandongan, sorogan, diskusi, hafalan, ceramah, tanya jawab, dan demonstrasi. (2) Penerapan metode pembelajaran kitab kuning di Pondok Pesantren Sunan Giri sesuai dengan metode warisan turun temurun dari para ulama salaf yakni: metode klasikal (perpaduan metode konvensional) yang pembelajaranya berjenjang dan berkelas-kelas, metode bandongan yakni santri menyimak apa yang disampaikan ustadz, metode sorogan yakni ustadz menyimak apa yang disampaikan santri, metode diskusi sebagai pemecahan masalah, metode hafalan sebagai pengingat materi ajar. (3) Faktor-faktor yang mempengaruhi pembelajaran kitab kuning di Pondok Pesantren Sunan Giri, pertama faktor pendukung berupa pengajian keilmuan dengan waktu yang cukup lama, materi ilmu alat (nahwu dan sorof) yang dikaji secara rinci dan mendalam, peraturan pondok yang cukup ketat, dan ustadz yang mengajar adalah alumni PPSG yang terpilih, kedua faktor penghambat berupa materi dan metode yang serba klasik terkadang membuat santri mudah bosan, kurangnya sarana dan prasarana, serta sulitnya pentranslitan (penerjemahan) bahasa kitab. Berdasarkan penelitian ini Pesantren Sunan Giri telah menggunakan metode pembelajaran kitab kuning sesuai dengan metode-metode adat kepesantrenan. Akan tetapi dukungan baik dari dalam maupun dari luar pesantren sangat dibutuhkan demi berlangsungnya pembelajaran, agar tujuan pendidikan di Pondok Pesantren Sunan Giri berjalan dengan lancar dan sukses.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 20 Mar 2017 04:22
Last Modified: 20 Mar 2017 04:22
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/1294

Actions (login required)

View Item View Item