Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Pelapukan Batuan Dengan Metode Contextual Teaching And Learning (CTL) Pada Siswa Kelas V Semester 2 MI Pabelan Kecamatan Pabelan Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2015/2016

Saalikuddiin, Muhammad (2016) Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Pelapukan Batuan Dengan Metode Contextual Teaching And Learning (CTL) Pada Siswa Kelas V Semester 2 MI Pabelan Kecamatan Pabelan Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2015/2016. Other thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.

[img] Text
MUHAMMAD SAALIKUDDIIN (115 10 039).pdf

Download (3MB)

Abstract

Pembelajaran IPA akan lebih bermakna apabila menggunakan metode. Metode sangat penting untuk meningkatkan kemampuan non verbal siswa. Metode Contextual Teaching And Learning (CTL) merupakan salah satu dari alternatif dalam menunjang proses pembelajaran. Penelitian ini digunakan untuk menjawab permasalahan, yaitu apakah dengan metode Contextual Teaching And Learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mengikuti mata pelajaran IPA kelas V semester 2 MI Pabelan Kecamatan Pabelan Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V semester 2 MI Pabelan Kecamatan Pabelan Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2015/2016 sebanyak 22 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Setiap akhir siklus diadakan evaluasi untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, metode Contextual Teaching And Learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi pelapukan batuan pada siswa kelas V semester 2 MI Pabelan Kecamatan Pabelan Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2015/2016. Hasil belajar siswa, jumlah siswa yang mencapai tuntas KKM pada pra siklus yaitu 9 %. Pada siklus 1 mencapai 41 %. Pada siklus 2 mencapai 68,1 %. Pada siklus 3 mencapai 86,3 %. Nilai rata-rata siswa pada pra siklus adalah 48,1, pada siklus 1 adalah 68,1, pada siklus 2 adalah 78,1, dan pada siklus 3 nilai rata-rata mencapai 86,3. Berdasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan, maka guru IPA dapat menggunakan metode Contextual Teaching And Learning (CTL) dalam proses pembelajaran, dikarenakan metode Contextual Teaching And Learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 20 Mar 2017 04:51
Last Modified: 20 Mar 2017 04:51
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/1295

Actions (login required)

View Item View Item