PENGARUH KEMAMPUAN PEMASARAN DAN KEPEMIMPINAN ISLAMI TERHADAP KEBERHASILAN UMKM DENGAN MODAL USAHA SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Kasus UMKM Kab.Boyoalali)

NOVIANTI, DIAH (2022) PENGARUH KEMAMPUAN PEMASARAN DAN KEPEMIMPINAN ISLAMI TERHADAP KEBERHASILAN UMKM DENGAN MODAL USAHA SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Kasus UMKM Kab.Boyoalali). [UNSPECIFIED]

[img] Text
Diah Novianti_63020170084_SKRIPSI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan pemasaran dan kepemimpinan islami terhadap keberhasilan UMKM dengan modal usaha sebagai variabel moderasi pada pemilik UMKM di Kabupaten Boyolali. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif dan data yang digunakan yaitu data primer. Populasi pada penelitian ini yaitu pemilik UMKM di Kabupaten Boyolali. Sampel pada penelitian ini berjumlah 100 responden. Data diolah dengan menggunakan software pengolah data IBM SPSS Statisctic 21, menggunakan uji instrument, uji asumsi klasik, uji statistic, uji f, uji R2 dan uji moderated Regression Analysis (MRA). Hasil dari penelitian ini yaitu kemampuan pemasaran tidak berpengaruh terhadap keberhasilan UMKM. Kepemimpinan islami berpengaruh positif dan signifikan terhadap keberhasilan UMKM. Pengujian menggunakan MRA menunjukkan bahwa variabel modal usaha tidak dapat memoderasi kemampuan pemasaran dan kepemimpinan islami terhadap keberhasilan UMKM. ​ Kata Kunci: ​​Kemampuan Pemasaran, Kepemimpinan Islami, Modal Usaha, Keberhasilan UMKM

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Agama > Manajemen dan Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 14 Feb 2022 14:46
Last Modified: 14 Feb 2022 08:35
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/12953

Actions (login required)

View Item View Item