PENGEMBANGAN MODEL BRAINSTORMING TERINTEGRASI MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI EDMODO PADA MATA PELAJARAN IPS

Yunus, Ahmad (2022) PENGEMBANGAN MODEL BRAINSTORMING TERINTEGRASI MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI EDMODO PADA MATA PELAJARAN IPS. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
TESIS_AHMAD YUNUS_12020190047_PENGEMBANGAN BAINSTORMING TERINTEGRASI MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI .pdf

Download (3MB)

Abstract

Pengembangan Model Brainstorming Terintegrasi Media Pembelajaran Aplikasi Edmodo Pada Mata Pelajaran IPS Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kondisi awal sebelum dilakukannya pengembangan model brainstorming terintegrasi media pembelajaran aplikasi edmodo, untuk mengetahui desain pengembangan model brainstorming terintegrasi media pembelajaran aplikasi edmodo dan untuk mengetahui desain pengembangan model brainstorming terintegrasi media pembelajaran aplikasi edmodo efektif meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPS materi keragaman suku dan budaya Indonesia di kelas V MI NU Hidayatul Mubtadiin Desa Undaan Kidul Kecamatan Undaan Kabupaten Kudus. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (research and development) yang didasarkan pada enam langkah yang disesuaikan dengan kebutuhan penelitian, antara lain: pertama, potensi dan masalah; kedua, pengumpulan data; ketiga, desain produk; keempat, validasi desain; kelima, revisi desain; keenam, uji coba produk. Hasil penelitiannya adalah pertama, penilaian validasi dari ahli materi pembelajaran IPS keragaman suku dan budaya Indonesia termasuk dalam kategori valid dan sangat layak untuk digunakan, validator ahli media mengomentari tiga aspek, yaitu aspek kevalidan alat evaluasi yang terdapat di dalam edmodo dalam menunjang proses evaluasi pembelajaran, aspek representatif dari segi tampilan edmodo sebagai alat evaluasi yang baik dan aspek umum, pengembangan model brainstorming terintegrasi edmodo in tidak hanya digunakan dalam dunia pendidikan saja tetapi juga dapat digunakan disegala bidang aspek, baik dibidang ekonomi, sosial, agama, politik dan sebagainya. Kedua, penilaian dalam uji kelayakan pada skala terbatas terhadap media pembelajaran dalam kategori vaid dan layak untuk digunakan. Dibuktikan dengan rata-rata total penilaian ahli media pembelajaran sebesar 96, 43%. dan rata-rata total penilaian validasi dari ahli materi pembelajaran IPS keragaman suku dan budaya Indonesia adalah 92,67%. Ketiga, Pengembangan model brainstorming terintegrasi media pembelajaran aplikasi edmodo efektif meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi keragaman suku dan budaya Indonesia. Dibuktikan uji wilcoxon diperoleh hasil thitung pretest sebesar 59.081, ttabel sebesar 1,694, sedangkan p=0.00 < 0.05, dan hasil thitung posttest sebesar 53.234, ttabel sebesar 1,694, sedangkan p=0.00 < 0.05. Kata Kunci: Model Brainstorming, Media Pembelajaran Aplikasi Edmodo, Mata Pelajaran IPS, Materi Keragaman Suku dan Budaya Indonesia

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > S2 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 14 Feb 2022 18:56
Last Modified: 25 Jul 2022 13:39
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/12959

Actions (login required)

View Item View Item