muslimah, Rohmatun umi (2022) STRATEGI DAKWAH GUS MIFTAH DALAM MENINGKATKAN KESADARAN PEKERJA SEKS KOMERSIAL UNTUK BERTAUBAT DI LOKALISASI PASAR KEMBANG YOGYAKARTA. [UNSPECIFIED]
Text
Skripsi Rohmatun Umi Muslimah.pdf Download (2MB) |
|
Text
Skripsi Rohmatun Umi Muslimah.pdf Download (2MB) |
Abstract
Dakwah adalah serangkaian cara untuk menyeru kepada ajaran Islam amar makruf nahi munkar dengan cara bijaksana tanpa paksaan agar mendapatkan kebahagiaan di dunia dan akhirat. Dakwah tidak terbatas ruang dan waktu. Dalam berdakwah sangat diperlukan sebuah strategi dakwah yang tepat, agar tercipta dakwah yang efekfif dan efesien. Seperti dakwah yang di lakukan Gus Miftah terhadap PSK. Adapun Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pandangan Gus Miftah terhadap PSK dan strategi dakwah Gus Miftah terhadap PSK di lokalisasi Pasar Kembang Yogyakata. Jenis penelitian ini merupakan kualitatif deskriptif, adapun sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber data primer yang terdiri dari hasil wawancara dengan Gus Miftah, Pekerja Seks Komersial (PSK) serta pihak-pihak yang terkait dalam penelitian ini. Sumber data yang lainnya diperoleh dari sumber data sekunder yang berasal dari hasil wawancara, dokumentasi, buku, jurnal dan segala data pendukung penelitian. Teknik pengumpulan data ini dilakukan dengan mengadakan wawancara secara langsung dengan Gus Miftah, observasi di lokasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah pandangan Gus Miftah terhadap PSK bahwa faktanya para PSK terpaksa dalam menjalani pekerjaan tersebut. Ada faktor yang mempengaruhi dirinya menjadi PSK, di antaranya broken home dan keadaan ekonomi. Realitas sosial PSK bukan untuk dihindari, dihakimi dan dicaci-maki akan tetapi memandang mereka dengan kacamata kasih sayang, perhatian dan peduli dengan dibimbing mengenal agama agar bisa menerangkan jalan mereka menjemput hidayah Allah. Strategi dakwah yang dilakukan Gus Miftah terhadap PSK menggunakan sebuah metode dakwah bil hikmah (berdakwah dengan cara bijaksana), mau’idza hasanah (menasehati), dan al mujadalah (diskusi). Dalam menyampaikan pesan dakwah menggunakan bahasa yang mudah difahami dan diimbangi dengan humor. Materi yang sampaikan meliputi akidah (keimanan), syariah (ibadah), akhlak (tingkah laku manusia). Serta menerapkan sebuah strategi sentimentil (perasaan), rasional (berfikir), dan indrawi (keteladanan). Selain menerapkan sebuah strategi, metode, materi berdakwah juga membutuhkan upaya untuk menghadapi tantangan dan hambatan agar tujuan dakwah dapat tercapai.
Item Type: | UNSPECIFIED |
---|---|
Subjects: | Agama > Keislaman |
Divisions: | Fakultas Dakwah > Manajemen Dakwah |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 15 Feb 2022 19:53 |
Last Modified: | 15 Feb 2022 13:23 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/12976 |
Actions (login required)
View Item |