PENGEMBANGAN MASYARAKAT BERBASIS POTENSI LOKAL : STUDI MODEL MARKETING KAMPUNG SENTRAL PEMBIBITAN SAYURAN DI DUSUN WANANDRI, DESA NGENDROKILO KECAMATAN KALIANGKRIK KABUPATEN MAGELANG

Rizqi, Muhammad (2022) PENGEMBANGAN MASYARAKAT BERBASIS POTENSI LOKAL : STUDI MODEL MARKETING KAMPUNG SENTRAL PEMBIBITAN SAYURAN DI DUSUN WANANDRI, DESA NGENDROKILO KECAMATAN KALIANGKRIK KABUPATEN MAGELANG. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
Skripsi Muhammad Rizqi 43030170012 PMI.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Rizqi, Muhammad. 2021. Pengembangan Masyarakat Berbasis Potensi Lokal : Studi Model Marketing Kampung Sentral Pembibitan Sayuran Di Dusun Wanandri, Desa Ngendrokilo Kecamatan Kaliangkrik Kabupaten Magelang. Tahun 2021. Skripsi. Salatiga: Jurusan Pengembangan Masyarakat Islam Fakultas Dakwah Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Imam Subqi, M.S.I Kata Kunci : Pengembangan Masyarakat, Potensi Lokal, Model Marketing, dan Pembibitan Sayuran Kurang dan sulitnya bibit sayuran terutama bibit cabai membuat petani sulit untuk melakukan penanaman sayuran. Hal tersebut menjadikan kurangnya ketersediaan sayuran untuk pemenuhan konsumsi oleh masyarakat. Dari masalah tersebut maka yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses pengembangan masyarakat melalui potensi lokal pembibitan sayuran dan bagaimana model marketing di Dusun Wanandri Desa Ngendrokilo Lecamatan Kaliangkrik Kabupaten Magelang. Jenis penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan dan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data yang dirangkai dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa proses pengembangan masyarakat dilakukan dengan cara, a) perekrutan oleh kepala desa dan dilakukannya penyadaran terhadap masyarakat, b) pemberian pengetahuan tentang pembibitan sayuran kepada masyarakat, c) tahapan peningkatan kemampuan dengan diadakannya pelatihan untuk masyarakat agar mampu mandiri dan berkembang. Model marketing yang digunakan yaitu dengan cara, a) memahami bagaimana kebutuhan pasar sayuran yang saat itu kekurangan bibit sayuran, b) mengembangkan strategi dengan cara menambah varian bibit sayuran, c) membuat program pemasaran dengan memperluas pemasaran di berbagai daerah, d) membangun hubungan dengan pelanggan melalui kerja sama, e) hasil yang didapat dari pelanggan yaitu kepercayaan karena bibit yang di hasilkan dari Dusun Wanandri merupakan bibit dengan kualitas yang bagus serta dapat meningkatkan produktivitas petani sayuran.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera
Divisions: Fakultas Dakwah > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 16 Feb 2022 04:06
Last Modified: 16 Feb 2022 04:06
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/12979

Actions (login required)

View Item View Item