Susanti, Retna Tri (2016) Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Ciri-ciri Dan Kebutuhan Makhluk Hidup Melalui Cooperative Learning Tipejygsaw pada Sisswa Kelas III MI AL-Mahmud Kumpulrejo 01 Kecamatan Argomulyo Kota Salatiga Tahun Ajaran 2015/2016. Other thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.
Text
RETNA TRI SUSANTI 115-12-053.pdf Download (6MB) |
Abstract
Banyak permasalahan terkait dengan pembelajaran IPA. Salah satunya adalah hasil belajar siswa yang masih rendah dan guru belum mampu menerapkan model pembelajaran secara efektif, efisien dan menyenangkan. Penyampaian pembelajaran hanya ceramah diakhiri dengan mengerjakan soal, hal ini membuat siswa menjadi bosan dan berujung nilai banyak yang kurang dari KKM. Peneliti memberikan alternatif permasalahan tersebut dengan meningkatkan hasil belajar menggunakan pembelajaran cooperative learning tipe jygsaw. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindak kelas dilaksanakan melalui dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Tiap siklusnya ada ada empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas III MI AL-Mahmud Kumpulrejo 01 yang berjumlah 27 siswa terdiri dari 15 laki-laki dan 12 perempuan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data seperti berikut: Standar KKM mata pelajaran IPA adalah 60, sebelum penerapan cooperative leaarning tipe jygsaw 30 % (8 siswa) yang tuntas, sedangkan 70 % (19 siswa) belum memenuhi standar ketuntasn minimum KKM yang ditentukan. Setelah penerapan cooperative learning tipe jygsaw dalam pelajaran IPA pada siklus I diperoleh data 14 siswa (51,85 %) sudah tuntas, akan tetapi 13 siswa (14,15 %) belum memenuhi KKM . berdasarkan data pada siklus I terjadi kenaikan sebesar 21,85 % . setelah dilakukan refleksi siklus I, terjadi peningkatan hasil belajar pada siklus II yaitu 25 siswa (92,59%) yang tuntas, sedangkan 2 siswa (7,41%) belum tuntas atau belum memenuhi standar KKM. Pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar sebesar 41,74 % dibanding pada siklus I. Perbandingan hasil belajar siklus I yaitu terjadi peningkatan sebesar 21,85%, sedangkan dibandingkan dengan siklus II sebesar sebesar 41,74%. Hasil penelitian siklus I dan siklus II menunjukkan bahwa penggunaan cooperative learning tipe jygsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup. Adapun rata-rata pada siklus I adalah 60,62 dan pada siklus II adalah 83,98.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 21 Mar 2017 01:57 |
Last Modified: | 21 Mar 2017 01:57 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/1299 |
Actions (login required)
View Item |