IMPLEMENTASI CLASSROOM MANAGEMENT UNTUK MEWUJUDKAN SUASANA KELAS AKTIF PADA PROSES PEMBELAJARAN PAI BAGI SISWA SMP ISLAM AL-AZHAR 18 SALATIGA TAHUN 2015

Zulaikha, Siti (2015) IMPLEMENTASI CLASSROOM MANAGEMENT UNTUK MEWUJUDKAN SUASANA KELAS AKTIF PADA PROSES PEMBELAJARAN PAI BAGI SISWA SMP ISLAM AL-AZHAR 18 SALATIGA TAHUN 2015. Other thesis, IAIN Salatiga.

[img]
Preview
Text
Siti Zulaikha_11111133.pdf

Download (3MB) | Preview
Official URL: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/

Abstract

Kurangnya pemahaman guru PAI tentang Classroom Management dan masih sedikitnya guru PAI yang menerapkan Classroom Management serta jarangnya metode pembelajaran aktif yang dipakai dalam mengajar menyebabkan kelas tidak kondusif dan proses pembelajaran tidak berjalan dengan efektif. Hal tersebut membuat siswa merasa bosan saat mengikuti proses pembelajaran akibatnya tujuan pembelajaran tidak tercapai dengan maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab masalah ICM di SMP Islam A-Azhar 18 Salatiga tahun 2015 yaitu: (1) bagaimana pemahaman guru PAI tentang ICM di SMP Islam Al-Azhar 18 Salatiga tahun 2015?, (2) bagaimana cara guru PAI dalam melaksanakan ICM di SMP Islam Al-Azhar 18 Salatiga tahun 2015?, (3) apa kesulitan/hambatan guru PAI dalam melaksanakan ICM di SMP Islam Al-Azhar 18 Salatiga tahun 2015?, (4) bagaimana solusi atas masalah pelaksanaan ICM di SMP Islam Al-Azhar 18 Salatiga tahun 2015?. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh dari ketiga teknik tersebut ditafsirkan dan dianalisis. Keabsahan data diuji dengan teknik triangulasi dan tenik ketekunan pengamatan. Hasil temuan penelitian ini menunjukkan bahwa (1) guru PAI telah memahami dan menerapkan Classroom Management dengan baik, pemahaman guru PAI tentang Classroom Management yaitu serangkaian kegiatan yang berupaya mengatur dan mengelola kelas agar tercipta suasana yang kondusif sehingga proses pembelajaran dapat berjalan dengan efektif dan tujuan pembelajaran dapat tercapai maksimal, (2) cara guru PAI melaksanakan ICM sudah sesuai dengan perencanaan, guru melakukan pengorganisasian siswa, pengorganisasian fasilitas dan pengorganisasian kegiatan-kegiatan pembelajaran, (3) kesulitan/hambatan pelaksanaan ICM yaitu guru kurang maksimal dalam menerapkan manajemen kelas, karakter siswa yang bervariasi, kurangnya perhatian dan motivasi yang diberikan orang tua pada anak, (4) solusi pelaksanaan ICM yaitu, guru belajar memperbaiki kualitas diri, guru memberikan apersepsi atau testimoni, memberikan kegiatan yang dapat menghambat siswa untuk berbuat onar di kelas, menegur sampai menghukum siswa yang bermasalah, memberikan kegiatan yang dapat menghambat siswa untuk berbuat onar di kelas, menjalin kerjasama yang baik dengan wali murid agar lebih memperhatikan anak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 11 Feb 2016 07:29
Last Modified: 11 Feb 2016 07:29
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/130

Actions (login required)

View Item View Item