E-Court Dalam Perspektif Good Governance (Studi Implemetasi PERMA NO. 1 Tahun 2019 Tentang Administrasi Perkara dan Persidangan Pengadilan Secara Elektronik di Pengadilan Negeri Semarang Kelas 1A)

Wulandari, Sakinah Fitri (2022) E-Court Dalam Perspektif Good Governance (Studi Implemetasi PERMA NO. 1 Tahun 2019 Tentang Administrasi Perkara dan Persidangan Pengadilan Secara Elektronik di Pengadilan Negeri Semarang Kelas 1A). [UNSPECIFIED]

[img] Text
Skripsi Sakinah.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini berisi analisis dari implementasi PERMA No. 1 Tahun 2019 Tentang Administrasi dan Persidangan Perkara Pengadilan Secara Elektronik di Pengadilan Negeri Semarang Kelas 1A dan analisis implementasi PERMA No. 1 Tahun 2019 Tentang Administrasi dan Persidangan Perkara Pengadilan Secara Elektronik dalam perspektif good governance. Peneliti menggunakan metode penelitian normatif empiris Metode penelitian normatif-empiris mengenai implementasi ketentuan hukum normatif (undang-undang) dalam aksinya pada setiap peristiwa hukum tertentu yang terjadi dalam suatu masyarakat. Dengan metode penelitian kualitatif yang bersifat sosiologis empiris yaitu penelitian yang terjun ke lapangan dengan wawancara terhadap narasumber. Teknik pengumpulan data yaitu berupa interview (wawancara), observasi, dan dokumentasi. . Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa e-court yang diterapkan di Pengadilan Negeri Semarang berjalan dengan cukup baik. Hal ini dapat dilihat dari persentase penanganan perkara e-court yang diselesaikan. Selain indeks tersebut, terdapat pelayanan tambahan berupa adanya petugas khusus di meja e-court yang membantu menjelaskan dan mengarahkan masyarakat. Kemudian dalam perspektif good governance dari 7 (tujuh) prinsip yang tertuang dalam Peraturan Pemerintah No. 101 Tahun 2000, terdapat 5 (lima) prinsip yang ada pada e-court yaitu profesionalitas, transparansi, akuntabilitas, serta efektif dan efisien, pelayanan prima dan modern.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Tata Negara
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 23 Feb 2022 03:00
Last Modified: 09 Mar 2022 10:41
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/13048

Actions (login required)

View Item View Item