Hasanah, Ulfatul (2022) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PAJAK, KESADARAN WAJIB PAJAK, DAN RELIGIUSITAS WAJIB PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI DENGAN SANKSI PERPAJAKAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Empiris Pada Wajib Pajak Orang Pribadi Pekerja Bebas di Kota Magelang). [UNSPECIFIED]
Text
ULFATUL HASANAH (63030170048).pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih kurang stabilnya tingkat kepatuhan dalam membayar pajak pada pekerja bebas di Kota Magelang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan pajak, kesadaran wajib pajak, religiusitas wajib pajak terhadap kepatuhan wajib pajak dengan adanya sanksi perpajakan sebagai variabel moderasi. Metode pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner yang disebarkan kepada wajib pajak orang pribadi pekerja bebas yang terdaftar di KPP Pratama Magelang. Sampel yang diabil sebanyak 90 responden dengan teknik purposive or judgemental sampling. Data yang diperoleh kemudian diolah dengan menggunakan alat bantu SPSS versi 23. Analisis ini meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji MRA, serta uji statistik melalui uji R2 , uji f, dan uji t. Hasil uji t menunjukkan bahwa kualitas pelayanan pajak perpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak. Dan kesadaran wajib pajak serta religiusitas wajib pajak berpengaruh positif dan signifikan. Serta Sanksi perpajakan dapat memoderasi pengaruh kualitas pelayanan pajak, kesadaran wajib pajak, dan religiusitas wajib pajak terhadap kepatuhan wajib pajak. Penelitian ini memiliki keterbatasan, yaitu hanya melakukan penelitian satu periode saja yaitu tahun pajak 2020.
Item Type: | UNSPECIFIED |
---|---|
Subjects: | Agama > Manajemen dan Ekonomi Islam |
Divisions: | ?? AKS ?? |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 23 Feb 2022 17:09 |
Last Modified: | 23 Feb 2022 10:16 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/13059 |
Actions (login required)
View Item |