SHOVIANIDA, (2022) PENGGUNAAN METODE MONTESSORI MELALUI PEMANFAATAN BIJI-BIJIAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PADA SISWA KELAS I MI HIDAYATUL MUBTADIIN WONOROTO, WINDUSARI, MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2021/2022. [UNSPECIFIED]
Text
SHOVIANIDA_23040170010.pdf Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Shovianida. 2021. Penggunaan Metode Montessori Melalui Pemanfaatan BijiBijian Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Penjumlahan Dan Pengurangan Pada Siswa Kelas I MI Hidayatul Mubtadiin Wonoroto, Windusari, Magelang Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi, Slatiga: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga, Pembimbing: Anggun Zuhaida, M.Pd. Kata Kunci: Metode Montessori, Pemanfaatan Biji-bijian, Hasil Belajar, Materi Penjumlahan dan Pengurangan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa materi penjumlahan dan pengurangan secara offline dengan metode montessori dan media pembelajaran biji-bijian pada siswa kelas I semseter I MI Hidayatul Mubtadiin Wonoroto, Windusaari, Magelang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi secara tatap muka dengan media pembelajaran biji-bijian dan metode montessori. Subjek Penelitian sebanyak 21 siswa. Penelitian siklus I ini dilaksanakan pada tanggal 2 November dan Siklus II pada tanggal 4 Novemberr 2021. Pengumpulan dta yang digunakan yaitu melalui observasi, tes, dokumentasi, dan wawancara. Proses pembelajaran montessori dilakukan dengan tiga tahap yaitu, langkah menunjukkan, langkah memperkenalkan dan langkah mengingatkan. Dan dapat diketahui hasil dari penelitian tersebut yaitu pembelajaran materi penjumlahan dan pengurangan dengan metode montessori dan media biji-bijian dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas I semester I MI Hidayatul Mubtadiin Wonoroto, Kecamatan Windusari, Kabupaten Magelang. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa yang tuntas pada siklus I mencapai 57% dari 21 siswa. Sedangkan pada siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang signifikan, yaitu siswa yang tuntas mencapai (90%) dari 21 siswa. Berdasarkan hasil tersebut maka siklus dihentikan, karena sudah memenuhi ketentuan ketuntasan minimum 85% dari jumlah siswa tuntas belajar dan dinyatakan berhasil untuk meningkatkan hasil belajar Matemtika pada siswa kelas I MI Hidayatul Mubtadiin Tahun Pelajaran 2021/2022.
Item Type: | UNSPECIFIED |
---|---|
Subjects: | Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 24 Feb 2022 17:07 |
Last Modified: | 24 Feb 2022 10:10 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/13076 |
Actions (login required)
View Item |