PENGARUH PENYALURAN BELANJA BANTUAN SOSIAL, BELANJA MODAL, BELANJA SUBSIDI DAN DANA ALOKASI ZAKAT TERHADAP TINGKAT KEMISKINAN DI INDONESIA TAHUN 2013-2020

WULAN, LINA DESI (2022) PENGARUH PENYALURAN BELANJA BANTUAN SOSIAL, BELANJA MODAL, BELANJA SUBSIDI DAN DANA ALOKASI ZAKAT TERHADAP TINGKAT KEMISKINAN DI INDONESIA TAHUN 2013-2020. UNSPECIFIED thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI _Lina Desi Wulan (63020160134).pdf

Download (2MB)

Abstract

Wulan, Lina Desi. 2021. Pengaruh Penyaluran Belanja Bantuan Sosial, Belanja Modal, Belanja Subsidi dan Dana Alokasi Zakat Terhadap Tingkat Kemiskinan Di Indonesia Tahun 2013-2020. Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Program Studi Ekonomi Syariah S1, Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing Dr. Mochlasin, M.Ag. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab (1) pengaruh penyaluran belanja bantuan sosial (2) pengaruh penyaluran belanja modal (3) pengaruh penyaluran belanja subsidi (4) pengaruh dana alokasi zakat terhadap tingkat kemiskinan di Indonesia tahun 2013-2020. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif data sekunder time series. Sampel yang diperoleh dalam penelitian sebanyak 32 dalam masing-masing variabel. Metode pengumpulan data diakses melalui laporan publikasi website oleh Badan Pusat Satistik Nasional, Kementerian Keuangan, BAZNAS dan instansi terkait lainnya. Data yang diperoleh kemudian diolah dengan alat analisis Eviews Version 9. Kemudian data semua variabel ditransformasi dalam bentuk Logaritma dan kemudian dilakukan uji lanjutan yang melalu uji stasioneritas, uji asumsi klasik dan uji statistik. Berdasarkan hasil uji yang dilakukan, (1) variabel belanja bantuan sosial berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kemiskinan (2) variabel belanja modal berpengaruh negatif tidak signifikan (3) variabel belanja subsidi berpengaruh negatif tidak signifikan (4) variabel zakat berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kemiskinan. Kata Kunci: Belanja Bantuan Sosial, Belanja Modal, Belanja Subsidi, Zakat, Kemiskinan.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 25 Feb 2022 17:41
Last Modified: 15 Mar 2022 09:19
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/13090

Actions (login required)

View Item View Item